Warga Kaplongan Beramai-Ramai Turun Ke Sungai, Ada Apa ???

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Warga Desa Kaplongan Kecamatan Kedokan Bunder sejak pagi hingga siang hari beramai-ramai kumpul di jalan dengan membawa parang, golok, cangkul, dan berbagai alat lainnya.

Mereka bukan hendak tawuran apalagi perang. Namun mereka beramai-ramai hendak turun ke sungai untuk membersihkan sampah dan rumput yang menganggu saluran irigasi sekunder yang melintas desanya tersebut.

Dikomandoi langsung oleh Kuwu Kaplongan, Arifin, warga desa dengan sigap langsung membabat (memotong) rumput yang ada di atas aliran air maupun tanggul sisi kanan dan kiri sungai. Selain rumput, target utama yang harus dibersihkan yaitu sampah yang ada di saluran tersebut.

"Hari ini kita menggerakkan masyarakat untuk sama-sama membersihkan saluran irigasi yang melintas di desa kami. Sampah dan rumput kita bersihkan agar air bisa lancar mengalir," tegas Kuwu Arifin, Rabu (30/11/2022).

Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi yang hadir pada kegiatan tersebut menegaskan, pihaknya memberikan apresiasi kepada warga Desa Kaplongan yang telah kompak dalam bergotong-royong untuk membersihkan saluran irigasi.

"Kami berharap semangat gotong-royong ini bisa diikuti oleh desa-desa lainnya. Terutama dalam penanganan sampah," kata Camat Atang.

Atang menambahkan, untuk penanganan sampah dan lingkungan ini masing-masing desa diharapkan membentuk satuan tugas (satgas). Pasalnya saat ini masih ditemukan adanya timbulan sampah liar dan juga perilaku membuang sampah sembarangan.

Ditegaskan Atang, saat ini dibutuhkan sinergitas dan integritas lintas sektoral maupun peran serta masyarakat agar cita-cita mewujudkan Kedokan Bunder Hebat menuju Indramayu Bermartabat bisa terealisasi. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama