Bersiap Menjadi Pusat Oleh-Oleh Haji, Pemcam Lohbener Optimalisasi Pemberdayaan UMKM

MenaraToday.Com - Indramayu :

Di tahun 2023, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Lohbener melaksanakan program unggulan Pemcam yakni optimalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna mempersiapkan Kecamatan Lohbener sebagai pusat oleh-oleh haji dan umroh seiring rencana pembukaan Embarkasi Haji Indramayu pada musim haji 2023.

Diketahui, embarkasi haji yang berlokasi di Desa Legok, Kecamatan Lohbener ini difungsikan sebagai tempat persinggahan jemaah calon haji khususnya masyarakat di wilayah timur Provinsi Jawa Barat sebelum mereka diterbangkan menuju tanah suci melalui Bandara Internasional Kertajati yang ada di Kabupaten Majalengka.

Dengan lahan hibah dari Pemkab Indramayu seluas 13 hektare, embarkasi haji Indramayu akan melayani keberangkatan jemaah calon haji kloter pertama Jawa Barat pada bulai Mei. Selain itu akan dibangun fasilitas Museum Haji, Rumah Sakit, mockup pesawat serta tempat berlatih (manasik) yang dapat digunakan jemaah calon haji maupun kalangan pelajar.

Sehingga keberadaan Embarkasi Haji Indramayu tidak semata-mata untuk mendukung kelancaran ibadah haji. Tetapi juga menjadi ikon wisata religi sekaligus pusat pendidikan agama di Kota Mangga.

“Kehadiran Embarkasi Haji Indramayu ini pastinya memiliki _multiplier effect_ terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya di Kecamatan Lohbener,” papar Camat Lohbener, Edy Wahyono 

Dengan demikian, Edy mengatakan diperlukan adanya optimalisasi pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan berbasis UMKM, dengan menggenjot berbagai kegiatan pelatihan. Mulai dari proses pengolahan, labelisasi, pengemasan, perijinan industri rumah tangga, OSS sampai sertifikasi halal.

“Pada tahun 2023 ini, Pemcam mempunyai program unggulan yakni menjadikan Kecamatan Lohbener sebagai pusat oleh-oleh haji maupun umroh,” imbuhnya.

Sehingga kedepannya UMKM yang ada di Kecamatan Lohbener mampu memproduksi berbagai macam oleh-oleh haji yang khas serta berpotensi mengangkat ikon Indramayu sebagai Kota Mangga dan produk halal. Disamping tentunya menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Untuk mendukung rencana tersebut, Edy menegaskan, pihaknya telah melaksanakan rapat sinergitas evaluasi 10 program Bupati Indramayu tahun 2022 dan menyusun rencana kerja tahunan lintas sektoral Kecamatan Lohbener tahun 2023 bertempat di aula bertempat di aula Abral, Desa Lohbener yang turut dihadiri semua stake holder pemerintahan termasuk jajaran Forkopimcam, beberapa waktu yang lalu

Dalam kesempatan itu, Edy memaparkan evaluasi pencapaian 10 program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yakni I-ceta, Bersuling, Ledig, Peri, Kruwcil, Dokmaru, Jaket, Dekat, Lada dan Alur masa periode Januari-Desember 2022.

“Sepuluh program unggulan Bupati Indramayu akan terus kita dorong dan menjadi komitmen kami bersama mewujudkan visi Indramayu Bermartabat. Alhamdulillah juga semuanya sangat antusias mendukung dan siap merealisasikan program pemberdayaan UMKM dalam menyambut rencana pembukaan Embarkasi Haji Indramayu pada musim haji tahun ini,” pungkasnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama