SDN 4 Langut Bangun Karakter Siswa Melalui Pramuka

MenaraToday.Com - Indramayu :

Praja Muda Karana atau yang akrab di telinga masyarakat sebagai pramuka merupakan gerakan kepanduan yang dalam kegiatannya mengandung berbagai nilai yang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan terutama pembentukan karakter siswa. Salah satunya yang diterapkan SDN 4 Langut Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu yang melaksanakan kegiatan pramuka sebagai kegiatan pendukung selain kurikulum formal yang diterima siswa setiap harinya.

Berbagai nilai diajarkan dalam kepramukaan mulai dari membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecukupan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

“Penyelenggaraan pramuka di SDN 4 Langut ini sebagai sarana agar dapat membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku) sehingga siswa mampu mengembangkan karakternya secara positif,” ujar Darmono, Kepala Sekolah SDN 4 Langut Sabtu (14/1/2023).

Dirinya juga mengatakan, tidak hanya menjadi organisasi yang populer baik di Indonesia maupun di kancah internasional, pramuka juga telah banyak melahirkan putra putri terbaik.

Darmono menambahkan, kegiatan pramuka yang dikemas secara menyenangkan menjadikan proses pembelajaran yang diajarkan oleh pelatih dapat dengan mudah dimengerti oleh siswa sehingga dapat menarik simpati dan minat siswa untuk mengikuti pramuka.

“Kami bersama guru pelatih Ibu Fitri dan Ibu Tarminih mengadakan kegiatan pramuka seminggu sekali dengan mengemas kegiatan Pramuka semenarik mungkin agar siswa dapat dengan mudah memahami berbagai makna yang terkandung dalam kegiatan pramuka,” imbuhnya.

Dijelaskan Darmono, kebijakan Pramuka yang dijadikan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah menjadi faktor penting dalam mewujudkan pendidikan karakter karena keberadaan kegiatan Pramuka di sekolah terbukti telah mampu memberikan arti tersendiri terhadap proses pembelajaran.

“Kegiatan pramuka diselenggarakan secara berjenjang di tiap satuan pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi karena memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan pendidikan karakter,“ pungkasnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama