Jembatan Selesai Dibangun, Masyarakat Haurgeulis Gelar “Baritan”

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya pembangunan Jembatan Carik di Desa Haurgeulis, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, masyarakat setempat menggelar “Baritan” pada Jum’at (6/1/2023). 

Masyarakat bergembira dan bersyukur. Jembatan Carik yang sebelumnya tidak bisa dipergunakan sejak dua tahun lalu itu kini sudah selesai diperbaiki.

Masyarakat Desa Haurgeulis mengadakan Acara Baritan, dengan berkumpul, makan dan do’a bersama di atas jembatan. Baritan sendiri merupakan sebuah tradisi perwujudan rasa syukur dan untuk menangkal bahaya besar dengan dzikir dan doa bersama.

Camat Haurgeulis, Dulyono S.Sos MSi beserta jajaran Forkompimcam, Kuwu Haurgeulis Isma Shewara Dhewanthara, tokoh ulama dan tokoh masyarakat setempat turut bergabung dalam acara tersebut. Mereka tampak duduk bersama tanpa ada sekat dengan masyarakat.

"Suatu kebahagiaan bagi masyarakat kami dan pemerintah Desa Haurgeulis atas apa yang selama ini kita impikan. Kini jembatan Carik sudah jadi dan bisa dipergunakan,” kaya Kuwu Haurgeulis Isma Shewarha Dhewanthara,"kepada menaratoday.com.

Ia mengungkapkan, jembatan yang menjadi penghubung Blok Carik dan Haurgeulis tersebut rusak berat usai diterjang banjir pada Februari 2021 silam. Selama 2 tahun lamanya, jembatan ditutup. Tidak boleh dilewati. Masyarakat Blok Carik terpaksa mencari jalan alternatif lain yang cukup jauh.

"Alhamdulillah, ibu Bupati langsung merespon usulan kami agar perbaikan jembatan Carik menjadi prioritas. Kami atas nama masyarakat Desa Haurgeulis memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada ibu Bupati Hj Nina Agustina atas tuntasnya perbaikan jembatan ini,” terang dia.

Usai melantunkan dzikir dan do’a, masyarakat yang hadir bersama-sama mengucapkan terima kasih. Masyarakat bahkan menggelar spanduk yang berisi tulisan ucapan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina.

Sementara itu Camat Haurgeulis Dulyono menyambut baik apa yang dilaksanakan masyarakat. Menurutnya, apa yang dilakukan masyarakat Desa Haurgeulis semata-mata merupakan perwujudan kegembiraan, rasa syukur dan terima kasih.

“Intinya masyarakat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada Bupati Indramayu, Ibu Hj. Nina Agustina yang telah memenuhi keinginan masyarakat untuk perbaikan jembatan,” ujarnya Senin (9/1/2023). 

Menurutnya, dengan selesainya pembangunan jembatan Carik ini akan sangat berdampak positif pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Perbaikan jembatan ini pastinya akan berdampak pada peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat. Dengan itu diharapkan pula dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan turut andil dalam mewujudkan visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat, pungkas Dulyono kepada menara today.com.(Arrie.td)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama