Masalah Saluran Irigasi Di Desa Tugu Usai Di Musyawarahkan

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Musyawarah Antara Petani Desa Tugu dengan Pihak PT. Nindya Karya (Persero) Terkait Permasalahan Saluran Irigasi Di Blok Talang Desa Tugu Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu. 

Pada hari Senin tanggal 9 Januari 2023, pukul 09.00 sampai pukul 12.30 WIB bertempat di Kantor Desa Tugu Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu. 

Telah dilaksanakan Kegiatan Musyawarah Antara Petani Desa Tugu dengan Pihak PT. Nindya Karya (Persero) Terkait Permasalahan Saluran Irigasi Di Blok Talang Desa Tugu Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.  

Kegiatan Musawarah tersebut di hadiri Camat Lelea Achmad Fauzie Romdhon. Anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Fraksi Gerindra Muchamad Ali Akbar, SP, Kabag OPS Polres Indramayu Kompol Ginting Sumantri S.H, Danramil Lelea Kapten Infantri Sugiarto. Kapolsek Lelea AKP Haji Mochamad Sayidin, Kasat Samapta Polres Indramayu AKP Rudi Suryadi, S.H. KBO Satuan Intelkam Polres Indramayu Iptu Agus Suwartono, S.H, Kanit Provos propam Polres Indramayu IPTU Haji Raswin S.Pd.I. Kanit  Satuan Narkoba Polres Indramayu R. Ardian Irawan, S.H, Kanit. Satuan Samapta Polres Indramayu IpdaTarsim S.I.P, Kepala Desa Tugu  Haji Zaenal Arifin, Kepala Lapangan PT. Nindya Karya, (Persero) Yoga, HSE PT. Nindia Karya (Persero) Ragil, MP Kecamatan Lelea, diwakilkan Sana Atmaja, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Lelea, Suharto, S.P, PHPU BBWS Cimanuk Cisanggarung, Wildaniah, Pelaksana Tugas Pihak PU BBWS, Fernita, Perwakilan Petani Desa Tugu Kecamatan Lelea, Haji Tasmo, dan kurang lebih 20 orang petani Desa Tugu.

Kabag Ops Polres Indramayu Kompol Ginting Sumantri S.H menyebutkan  pihak Kepolisian memfasilitasi kegiatan musyawarah untuk mencari solusi, terkait dengan adanya permasalahan tentang pengairan di Desa Tugu, dampak dari pembangunan proyek yang dikelola oleh PT. Nindya Karya (Persero). 

"Kepada Saudara, Mochamad Ali Akbar selaku perwakilan dari masyarakat silahkan sampaikan aspirasi dari masyarakat" ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Indramayu Fraksi Gerindra Muhamad Ali Akbar, SP (Perwakilam masyarakat) menyebutkan mewakili masyarakat akan menyampaikan keluhan tentang adanya permasalahan proses pengairan untuk sawah di Desa Tugu.

Dari hasil pengecekan di lapangan bahwa debit air yang disalurkan untuk mengairi sawah masih kurang untuk mencukupi kebutuhan air.

Tuntutan dari masyarakat yaitu untuk menambah jumlah pipa (Paralon) atau menggantinya yang lebih besar dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan air, dan memperbaiki saluran tersier yang rusak dengan menggunakan excavator.

Untuk mekanisme pembagian air diharapkan tidak dilakukan buka tutup atau menggunakan Valve, hal itu rentan terjadinya gesekan sesama masyarakat.

Penyampaian dari Kepala Lapangan PT. Nidya Karya (Persero) Yoga dan HSE PT. Nindya Karta (Persero) Ragil yang esensinya yaitu :

Terkait masalah pipa (Paralon) pengairan untuk sawah di Desa Tugu sudah dilakukan mediasi pada hari jumat tanggal 30 Desember 2022, di balai desa yang dihadiri pihak terkait, ungkapnya. 

Saat ini PT. Nindya Karya (Persero) sedang melakukan pencarian valve di jakarta untuk proses penambahan pipa tersebut. 

"Kami sudah mempersiapkan jumlah penambahan pipa namun masih ada kekurangan sehingga masih menunggu, "paparnya.

Penyampaian dari KBO Satuan Intelkam Polres Indramayu Iptu Agus Suwartono, S.H yang esensinya yaitu : 

Diharapkan kepada masing masing pihak agar dapat menerima saran dan masukan untuk kebaikan bersama.

Dilaksanakannya kegiatan musyawarah ini diharapkan dapat menemukan hasil untuk kepentingan masyarakat dan tidak memberatkan pihak PT. Nindya Karya. (Persero)

Penyampaian dari Camat Lelea Achmad Fauzie Romdon, yang esensinya yaitu Apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini menemukan kesepakatan agar segera direalisasikan untuk mencegah adanya gejolak dari masyarakat. 

Sekitar pukul 09.24 WIB kegiatan musyawarah telah dilaksanakan selanjutnya dilaksanakan pengecekan ke lokasi saluran irigasi Blok talang Desa Tugu Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu.

Sekitar pukul 11.30 WIB Perwakilan masyarakat dan pihak PT. Nindya Karya (Persero) telah membuat surat kesepakatan bersama yang di fasilitasi pihak Desa Tugu, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, yang isinya : 

1. Perbaikan Irigasi Tersier Blok Brangkudu (KB 2 KIRI) Dalam catatan dikordinasikan oleh Aryanto.

2. Normalisasi tersier Blok Brengkudu (KB 2 KIRI) Dalam catatan komunikasi dengan paket tersier.

3. Penambahan jumlah paralon ditambah sesuai kebutuhan (7 batang).

4. Perbaikan jembatan sementara Bendungan Blok Talang.

Sekitar pukul 12.30 WIB, kegiatan telah selesai dilaksanakan masing masing pihak membubarkan diri dan kembali ke rumah masing masing, situasi dalam keadaan aman dan kondusif. (Rakiyah/Lilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama