Tanggul Kali Cimanuk Longsor Pemcam Sukagumiwang dan Bangodua Sigap Atasi Bencana

MenaraToday.Com - Indramayu

Camat Sukagumiwang bersama dengan Camat Bangodua dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu melakukan koordinasi sekaligus meninjau salah satu lokasi tanggul kali Cimanuk yang saat ini kondisinya memperihatinkan, guna segera dilakukan perbaikan.

Diketahui, tanggul kali Cimanuk yang berlokasi di Blok Pulo Cangak, Desa Bangodua yang berbatasan langsung dengan Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang mengalami longsor sepanjang 60m dengan ketinggian amblas 4m yang terjadi sejak pertengahan Desember 2022 lalu.

“Tanggul ini telah mengalami longsor sejak pertengahan Desember 2022 lalu, sehingga untuk mengantisipasi air meluap kami lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait,” ungkap Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja  Senin (30/1/2023).

Suratno menjelaskan, pihaknya bersama aparat terkait dalam hal ini Polsek Sukagumiwang dan Kuwu Desa Gedangan Jaelani telah mengambil langkah preventif dengan memasang garis polisi agar warga tidak berada di lokasi tanggul.

Dirinya mengungkapkan, perbaikan tanggul ini seyogyanya segera dilakukan dan ditindaklanjuti oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung selaku pengelola. Hal tersebut guna mencegah semakin tergerusnya dinding tanggul oleh air sungai sehingga bila terus menerus dibiarkan dapat mengakibatkan meluapnya air sungai dan merendam permukiman warga Desa Gedangan.

“Saya harap BBWS selaku pengelola segera dapat menindaklanjuti. Karena bila dibiarkan khawatir air meluap dan merendam permukiman seperti pada Februari 2021 dimana Desa Gedangan terdampak banjir dengan ketinggian 1,5m akibat luapan air tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Bangodua Raden Mas Wahyu Adhiwijaya

Saat di jumpai Media Menara Today.com mengatakan, pihak Pemdes Bangodua dan Pemdes Gedangan agar dapat bekerjasama dengan mengambil langkah penanggulangan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Untuk penanggulangan sementara, harap kedua pemdes yaitu Bangodua dan Gedangan untuk dapat bekerjasama,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Dadang Oce Iskandar memaparkan, BPBD Kabupaten Indramayu akan mengambil langkah antisipasi mencegah meluapnya air akibat longsornya dengan memberikan karung berisi pasir atau tanah yang ditempatkan disekitar tanggul yang longsor agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Sesuai instruksi Ibu Bupati, kami akan bertindak secepat mungkin untuk menanggulangi longsornya tanggul dan mencegah air meluap, sebelum dikerjakan secara permanen oleh BBWS,” pungkasnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama