Tekan Inflasi, Pemcam Terisi Dorong Warga Manfaatkan Lahan Ditanami Sayuran

MenaraToday.Com - Indramayu :

Pemerintah Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu mendorong warganya mulai memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk ditanami sayur-sayuran. Hal ini akan memberikan kemudahan ketika mengakses bahan makanan tertentu tanpa biaya sekaligus mampu mencegah inflasi daerah.

Hal ini disampaikan Camat Terisi Endhy Yohendi ketika melakukan monitoring tanaman sayur-sayuran atau yang disebut Pusat Pangan (Puspa) yang berada di sekitaran Kantor Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jum’at (13/1/2023).

Dikatakan Camat Terisi Endhy Yohendi, Puspa merupakan program kebijakan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar guna menekan inflasi daerah dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman sayuran dan budidaya ikan konsumsi air tawar.

Tanaman Puspa yang ada di sekitaran Kantor Kecamatan Terisi seperti cabai rawit, cabai lombok, talas, singkong, jagung, gandum, pisang, ganyong, sagu, nanas, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk limau, jeruk purut, belimbing wuluh, jahe merah, daun mint, serai merah, serai putih, temulawak, temuireng, kunyit, laos, kangkung, katespong dan kumis kucing.

Diharapkan Camat Terisi Endhy Yohendi, keberadaan tanaman Puspa bisa kemudian ditiru oleh sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Terisi dan masyarakat yang kemudian memberikan manfaat mempermudah mengakses kebutuhan makanan atau dapur tanpa harus membeli.

“Semoga tanaman Puspa ini bisa ditiru baik oleh kepala desa maupun masyarakat nantinya, karena manfaatnya tidak harus membeli kebutuhan ke pasar semisalnya cabai maupun lainnya dan berharap inflasi bisa ditekan,” ujarnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama