Diduga Hilang Dimakan Hantu, Anggaran Rastrada Kota Blitar yg Senilai 14 M Berkurang 1 Miliar

MenaraToday.Com - Blitar :

Berdasarkan dari informasi data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Blitar mengenai pengadaan Beras Kesejahteraan Daerah (RASTRADA) yang anggarannya cukup fantastis yaitu dengan pagu anggaran Rp.14.808.303.216,00 Anggaran Pendapatan Bealanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2022 dengan kode tender 10824205, tender dimenangkan oleh CV.Dian Titian dengan harga penawaran dan terkoreksi Rp 14.456.155.200,00.

Sebelumnya,  Sad Sasmintarti Kepala Dinas Sosial Kota Blitar menjelaskan kepada awak media, kalau ingin tahu tentang beras itu dari mana, pemenang tender itu siapa itu bukan kewenangan kami,  datang saja ke Bagian Pembangunan Dan Layanan Pengadaan (BPLP), karna BPLP yang mengadakan lelang.

"Kalau untuk anggaran, yang saya tahu 13 Milyar dengan jumlah KPM yang sudah tersalurkan atau sudah terealisasi sebanyak 9814 KPM," ujarnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (2/2/2023) siang.

Namun hal itu bantah oleh Kepala Bagian Pembangunan Dan Layanan Pengadaan (BPLP) Kota Blitar, Wahyudi Eko Surono S.Sos.   Tugas BPLP  hanya proses pengadaan barang dan jasa, selebihnya untuk pelaksanaan kontrak ada di PPK (Pejabat Pembuat Komitmen)  atau PPA (perusahan pengolaan aset). Kami disini tugasnya hanya melaksanakan tender untuk memilih penyedia. paparnya  saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jum'at (3/2/2023) siang.

Dengan Ketentuan. Perusahaan harus Legal  punya NIB, memiliki peralatan, spesifikasi barang sudah memenuhi syarat, dikemas dalam bentuk apa. Untuk beras ini spesifikasinya kami cantumkan uji Lab, jadi bagi penyedia untuk melakukan penawaran harus sesuai dengan uji Lab yang bersertifikat, apabila penyedia tidak memenuhi kewajibannya dalam kontrak, kewenangan PPK  untuk melakukan teguran atau  peringatan," imbuhnya.

Data di kami Beras Rastrada Tahun 2022 disalurkan ke 3 Kecamatan, 21 Kelurahan yang ada di Kota Blitar dengan, "HPS nya 14,79 Milyar dan harga beras satuan  per-Kg Rp.11.140 (include), sudah termasuk ongkos kirim, biaya kemas, biaya sewa gudang dan biaya pengiriman sampai ketujuan.

Saat disinggung mengenai penyampaian Kadinsos Kota Blitar  tentang jumlah anggaran pengadaan beras Rastrada Tahun 2022 , yang mana Kadinsos Kota Blitar mengatakan bahwa anggarannya senilai  Rp. 13 Milyar, Wahyu berpendapat,  kemungkinan waktu itu Kadinsos tidak membuka data. pungkas nya.

Reporter: (Sam-Bo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama