Forkopimcam Sukagumiwang Monitoring Pupuk Bersubsidi

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sukagumiwang menggelar kegiatan monitoring pupuk bersubsidi di beberapa kios pupuk yang ada di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, 

Beberapa kios yang dikunjungi di Desa Gunungsari tersebut diantaranya adalah Toko Nur Tani Jaya dan Toko Sinar Tani yang berlokasi di Blok Plumbungan dan Blok Pekuwon serta Toko Dewa Tani dan Toko Linan Jaya Tani yang berlokasi di Blok Bojong Loa dan Blok Bojong Kulon.

Dalam kegiatan monitoring tersebut turut ikut serta Kordinator Balai Pelatihan Pertanian (BPP), UPTD KPP, para Penyuluh Pertanian Kecamatan Sukagumiwang serta anggota Satpol-PP Kecamatan Sukagumiwang.

Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja menerangkan, tujuan digelarnya kegiatan monitoring pupuk bersubsidi di beberapa kios pupuk ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi dan penyalurannya telah sesuai dengan regulasi baik pusat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu sehingga dapat diterima dengan tepat oleh para petani yang memang membutuhkan pupuk bersubsidi tersebut.

“Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi kami supaya pupuk bersubsidi bisa tepat sasaran diterima oleh petani yang berhak atas pupuk tersebut,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, dari hasil monitoring yang telah dilaksanakan, penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani sesuai dengan alokasi maupun Harga Eceran Tertinggi (HET), di mana alokasi dan harga pupuk bersubsidi tersebut mengacu pada Keputusan Bupati Indramayu Nomor 521.33/Kep.468-DKPP/2022 Tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian di Kabupaten Indramayu Tahun 2023.

“Alhamdulillah, dalam monitoring yang kita laksanakan ini prosedur, alokasi serta pupuk bersubsidi sesuai dengan regulasi yang ada,” jelasnya.

Selain itu, Suratno juga turut mengimbau kepada para petani agar secara berkala memperbarui dan melaporkan kepada kelompok tani atau ke UPTD Pertanian terkait dengan luas lahan garapan yang dikelola.

Suratno berharap dengan tersalurkannya pupuk bersubsidi yang tepat sasaran, kebutuhan petani dapat terlayani sehingga kebutuhan petani dalam produksi padi dapat terpenuhi sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil padi dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Mari kita sukseskan penyaluran pupuk bersubsidi dengan tepat sasaran, guna mensejahterakan petani serta meningkatkan produktivitas padi sehingga dapat mendorong upaya pemkab dalam menjadikan Indramayu sebagai lumbung padi nasional,” harapnya.

Sementara itu, para pemilik kios pupuk mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah menginstruksikan jajarannya dalam hal ini pemerintah kecamatan dan stakeholder lainnya guna memonitoring penyaluran pupuk bersubsidi sehingga bila terjadi permasalahan di lapangan dapat langsung dikomunikasikan dengan pihak terkait. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama