Kapolres Asahan bersama Bupati Tinjau Pelaksanaan PIN Polio dan Penanganan Stunting

MenaraToday.Com - Asahan : 

Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj hadir di acara kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio dan Penanganan Stunting di Posyandu Bangau, Dusun III Desa Meranti, Kecamatan Meranti, Asahan, Sumut (14/2/2023). 

"Pelaksanaan Imunisasi Polio dan pengamanan Stunting bertujuan untuk menyehatkan anak-anak balita yang merupakan generasi penerus bangsa. Dari data yang saya peroleh di Kecamatan Meranti ada 7 orang anak yang mengidap stunting. Sebagai orang tua tidak boleh menyerah dan putus asa, sebab telah ada penangananya secara masif" ujar Roman sembari berharap kiranya target yang diberikan oleh Pemprovsu sebanyak 800 kepada Asahan dapat tercapai, karena saat ini sudah mencapai 600 yang telah terpenuhi.  

"Apabila ada kendala dapat dikoordinasikan dengan Polsek dan Koramil untuk imunisasi Polio penanganan Stunting agar kiranya generasi penerus bangsa memiliki kualitas kesehatan maupun kecerdasan guna membangun bangsa kita menjadi generasi Indonesia Emas,"katanya.

Sementara itu Bupati Asahan, Surya Bsc, mengatakan tugas dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Asahan adalah melaksanakan imunisasi polio.

"Sejak kemarin hingga kedepannya telah kita laksanakan Pekan Imunisasi Nasional Polio untuk menyelamatkan generasi muda penerus kita yang masih usia Balita 0 - 59 bulan. Polio Itu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menular sehingga menyebabkan kelumpuhan tidak dapat disembuhkan bahkan dapat menyebabkan kematian*. Ujar Surya.

Surya juga menjelaskan bahwa penyebaran virus ini terjadi melalui rute vertikal oral yaitu masuknya virus melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dari kotoran yang mengandung virus polio, 

"Oleh sebab itu saya meminta semua pihak baik pemerintah, swasta, organisasi dan lembaga kemasyarakatan dan seluruh lapisan masyarakat ikut serta mensosialisasikan dan menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional ini,Saya harap kegiatan Imunisasi Polio dan Penanganan Stunting dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan,"ujarnya (Rls)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama