PT. KPI Unit VI Balongan Gelar Seminar Succes Story' Pemberdayaan Pemuda Berbasis Pelatihan Safetyman

MenaraToday.Com - Indramayu : 

PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menyelenggarakan Seminar Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tema “Success Story Pemberdayaan Pemuda Berbasis Safetyman” di Gedung Patra Ayu, Bumi Patra, Senin (13/2/2023).

Kegiatan seminar tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Bulan K3 tahun 2023 di RU VI Balongan yang diselenggarakan dari tanggal 3 Februari – 5 Maret 2023.

Seminar CSR ini menceritakan bagaimana Program Pelatihan Safetyman yang merupakan binaan CSR RU VI berhasil meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Pemuda dan Pemudi Indramayu dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang pada akhirnya membentuk  suatu forum yang bernama Forum Komunikasi  Safety Indramayu (FOKSI).

Hadir sebagai Pembicara dalam kegiatan ini adalah Manager Communication, Relation & CSR RU VI Mohamad Zulkifli yang dalam materinya menyampaikan pentingnya mewujudkan budaya HSSE generative dan pengelolaan asset integrity yang unggul guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina.

Sejalan dengan hal tersebut, Program Pelatihan Safetyman merupakan upaya dan tanggung jawab perusahaan untuk peningkatan kualitas SDM masyarakat di sekitar wilayah perusahaan yang bersumber dari Program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sementara itu, dalam paparannya Mohamad Zulkifli menjelaskan tidak hanya peningkatan SDM, Program Pelatihan Safetyman juga memberikan nilai positif dalam hal lainnya.

Saat ini, status pemberdayaan FOKSI telah berkembang dari program Corporate Social Responsibility (CSR) ke Creating Shared Value (CSV), artinya perusahaan memainkan peran ganda untuk menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value). 

Dengan kata lain, RU VI telah berhasil menjalankan program CSR Pelatihan Safetyman dan meningkatkan tanggung jawab mendukung pengembangan FOKSI agar mempunyai nilai ekonomi. 

Hadir menyampaikan kisah kesuksesan selaku peserta pelatihan adalah Narasumber perwakilan dari anggota FOKSI, Riyan Gunawan (Ketua)  dan Gustian Tri Cahya. 

Dalam acara tersebut Riyan Gunawan menyampaikan bagaimana menjadi Safetyman merubah hidupnya.

“Dengan pengetahuan safety yang saya dapatkan, Saya jadi lebih aware dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan dengan selalu memperhatikan aspek safety baik di lingkungan kerja maupun kegiatan sehari-hari”, ungkapnya.

"Lebih dari itu, dengan mengikuti pelatihan Safetyman, saya dapat meningkatkan kemampuan untuk membuka peluang kerja yang lebih besar dan saat ini saya bekerja sebagai Safetyman di RU VI Balongan," terang Riyan.

Tidak hanya mengembangkan kemampuan anggota, FOKSI berkembang menjadi wadah penyuluh safety dengan berbagai program seperti FOKSI Goes to School, FOKSI Peduli, FOKSI Sehat serta Kampanye Safety di wilayah sekitar kilang dengan program Kampung Safety. Diharapkan ke depannya FOKSI dapat lebih berkembang menjadi Lembaga Sertifikasi K3.

Pelatihan Safetyman sendiri sudah diselenggarakan sejak tahun 2011. Pelatihan dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Indramayu sebagai Mitra pelaksana.

Di Tahun 2023 ini, anggota FOKSI telah mencapai 222 anggota dengan sertifikat Migas dan K3 Umum BNSP, dimana 199 anggota terserap lapangan kerja di bidang Safety dan 23 anggota tersebar di berbagai profesi dengan basis safety.

Seminar ini dihadiri oleh peserta dari Pertamina, Mitra Kerja RU VI Balongan serta mahasiswa dari beberapa Instansi Pendidikan di Indramayu. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama