Gelar Rakerda Ke II Dan Pelantikan Pengurus Kabupaten Batu Bara, Ini Disampaikan Ketua JMSI Sumut

MenaraToday.Com - Medan : 

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)  Sumatera Utara Rianto Aghly SH mengajak kepada semua pihak baik Pemerintahan dan Swasta untuk dapat melakukan kolaborasi dalam penguatan pembangunan di daerah masing-masing. 

Hal ini disampaikannya pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda)  ke II JMSI Sumut sekaligus pelantikan JMSI Batubara,  di Hotel Madani, Kamis 2 Maret 2023. 

Turut hadir dalam Rakerda tersebut, Ketua DPP JMSI Teguh Santosa diwakili Choking Susilo Sakeh, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik,  Bupati Batu Bara diwakili Sekda Norma Deli Siregar, Kapoldasu diwakili Karo Penmas AKBP Herwansyah, Ketua SMSI Sumut Erris Julietta Napitupulu,  Pengurus JMSI Kota Medan, JMSI Siantar Simalungun,  JMSi Tanjungbalai Asahan dan Pengurus JMSI Batubara yang baru dilantik.

Dijelaskan Rianto Aghly yang biasa dipanggil Anto Gank ini,  Rakerda ini dilaksanakan juga untuk penguatan organisasi dengan mendata dan memverifikasi seluruh anggotanya. Sehingga,  perusahaan-perusahaan Pers yang terdiri media-media online dapat lebih professional dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Sementara itu,  Ketua PWI Sumut Farianda Putra  SinikSE, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran JMSI di Sumut kiranya dapat menciptakan ekosistem Pers yang sehat dan profesional.  

Untuk itu JMSI selaku konstituen Dewan Pers dapat bekerjasama dan join, kompak sesama organisasi yang berbeda. 

"Kita apresiasi kegiatan Raker dan mudah mudahan melahirkan hasil yang bermanfaat. Kehadiran JMSI dapat menjawab tantangan media siber di Sumut," sebut Farianda.

Begitu juga halnya Ketua Umum DPP JMSI Teguh Santosa yang diwakili pengurus pusat Coking Susilo Sakeh saat menghadiri sekaligus membuka Raker menyampaikan  agar pemilik media online yang tergabung di Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Utara harus mampu menjadi lokomotif pembangunan daerah. Dapat menyajikan berita yang sifatnya membangun potensi daerah.

"Ini pesan Ketua Umum, JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan di daerah. Membangun solidaritas guna mendapatkan berita yang baik dan bermanfaat," ujar Choking.

Saat ini kata Choking, persaingan media online sangat ketat dan mendapat tantangan yakni banyak media menayangkan berita hasil copy paste dari media lain. 

Pada hal sangat dibutuhkan berita yang viral dengan berita yang berbeda hasil liputan wartawan. Dan tak kalah penting untuk mendapatkan berita yang bagus sangat berpengaruh dengan kesejahteraan wartawannya. 

Untuk itu, kata Choking agar tantangan itu dapat dijalani maka JMSI harus melakukan konsolidasi internal sesama organisasi dan profesional. 

Harapan sama juga disampaikan Bupati Kabupaten Batubara yang diwakili Sekda Norma Deli Siregar, menyampaikan sangat mendukung kehadiran JMSI yang diharapkan dapat menguatkan peran pers untuk mendukung pembangunan yang maju dan mandiri.

Dikatakan Norma Deli Siregar, peran pers sangat berpengaruh meningkatkan pembangunan. Untuk itu, mengajak senantiasa kesadaran berkomitmen meningkatkan kode etik jurnalistik. "Kita harap JMSI dapat menciptakan informasi yang transparan dan akurat," ujar Norma.

Dikuatkan lagi, Pers Sumatera Utara harus menjadi Pers yang terdepan menjadi barometer terhadap kehidupan pers daerah lainnya. Pers Sumut harus menjadi lokomotif penyampaian informasi. ucapnya. (Rls)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama