Pantau Kondisi Perkembangan Harga Bahan Pokok di Daerah, Kemendagri Kembali Gelar Rakor Inflasi Daerah

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah yang berlangsung secara daring dengan melibatkan berbagai stakeholder baik pusat maupun daerah guna memantau kondisi perkembangan harga berbagai komoditas bahan pokok di daerah, Senin (27/3/2023).

Digelarnya rapat tersebut merupakan salah satu upaya sinergi yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah dengan berbagai stakeholder lainnya dalam rangka mengendalikan angka inflasi, termasuk di dalamnya Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, seiring dengan datangnya bulan ramadan dan menjelang hari raya idul fitri, pola permintaan terhadap beberapa komoditas bahan pokok cenderung tinggi.

Menanggapi hal tersebut. Tito meminta kepada seluruh stakeholder terkait baik pusat maupun daerah untuk dapat senantiasa menjaga ketersediaan pasokan sehingga harga jual produk kepada masyarakat dapat terjaga dan terjangkau.

“Target kita bulan ini menjaga ketersediaan pasokan supaya harga dapat terus terjaga, karena dengan datangnya bulan ramadan terutama menjelang hari raya idul fitri permintaan dari masyarakat cenderung naik,” ujarnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Pudji Ismartini dalam paparannya terkait dengan perkembangan harga memasuki bulan ramadan menjelaskan, beberapa komoditas seperti cabai rawit, beras, cabai merah, bawang putih serta daging ayam ras turut andil dalam perubahan indeks perkembangan harga yang mengalami fluktuasi harga yang cukup signifikan.

Bahkan, cabai rawit menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga di 143 kab/kota dan menyumbang penurunan hanya di 13 kab/kota. Meskipun beras menyumbang kenaikan di 100 kab/kota, namun menyumbang penurunan pada 80 kab/kota. Sedangkan andil penurunan terbesar adalah komoditas cabai merah pada 110 Kabupaten Kota.

“Terdapat beberapa komoditas yang mengalami fluktuasi harga, namun demikian komoditas tersebut juga menyumbang penurunan di beberapa Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Satgas Pangan Polri, Brigjen Pol. Helfi Assegaf. Dirinya menyampaikan, trend kenaikan harga bahan pokok terjadi pada komoditas cabai merah, bawang putih, telur dan daging ayam ras. Sementara bahan pokok yang menjadi perhatian pemerintah yakni minyak goreng Minyakita dan beras SPHP.

“Memasuki bulan Ramadan, perlu adanya antisipasi terkait dengan harga bahan pokok yang mengalami spontanitas kenaikan harga karena meningkatnya permintaan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, staf khusus Menteri perdagangan, Syailendra menerangkan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan stabilisasi harga minyak goreng serta menjaga ketersediaan pasokan sehingga permintaan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

“Kami terus berupaya menjaga stabilisasi harga minyak goreng,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Suwenda, serta didampingi oleh Kepala Badan Keuangan Daerah, Woni Dwinanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Asep Abdul Mukti, Kepala Bagian Logistik Polres Indramayu Kompol Mashudi, Pasiter Kodim 0616/Indramayu, Kapten Inf Suryono, serta tamu undangan lainnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama