Sektor Perikanan Kota Mangga Kembali Jadi Tempat Studi Tiru

Diskanla Kabupaten Indramayu Kedatangan Tamu Dari Papua

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Miliki sektor perikanan yang besar dan menjadi daerah penyumbang produktivitas perikanan nomor satu di Provinsi Jawa Barat dan realisasi program peningkatan ekonomi bagi nelayan, wajar jika Kabupaten Indramayu menjadi tempat studi tiru dari berbagai daerah.

Hal ini ditandai dengan sebelumnya Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu menerima kunjungan kerja (kunker) dari Diskanla Provinsi Jawa Timur dalam rangka studi tiru permodalan usaha penangkapan ikan bagi nelayan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan nelayan.

Kali ini Diskanla Kabupaten Indramayu kedatangan tamu dari warga Bumi Cenderawasih terdiri dari pelopor maupun tokoh pemuda Papua dan unsur pemerintah dalam Rangka Studi Tiru Terkait Perikanan Tangkap, Budidaya Ikan, Tambak Garam, Pengolahan Hasil Perikanan dan Pembuatan Pakan Mandiri.

Diungkapkan Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi, atas nama Pemerintah Kabupaten Indramayu menjadi kehormatan tersendiri bisa menjalin silaturahmi langsung dengan saudara dari Papua dalam upaya sama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi nelayan.

“Alhamdulillah menambah saudara dan saling berbagi pengalaman,” katanya Selasa (14/3/2023).

Diterangkan Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi, selain studi tiru perikanan tangkap, budidaya ikan, tambak garam, pengolahan hasil perikanan dan pembuatan pakan mandiri. Tamu dari Papua ini mengunjungi tempat produsen olahan perikanan yakni kerupuk ikan Kota Mangga.

“Studi tiru kegiatan , perikanan tangkap, budidaya ikan, tambak garam, pengolahan hasil perikanan dan pembuatan pakan mandiri. Juga kegiatan pengolahan hasil perikanan (kerupuk ikan) yang disinergikan dengan budidaya perikanan memanfaatkan limbah olahan ikan,” terang Edi umaedi kepada MenaraToday.Com.

Dirinya juga menyampaikan kepada saudara dari Papua, bahwa nelayan Indramayu khususnya dari Desa Karangsong rata-rata dalam mencari dan menangkap ikan itu hingga Perairan Papua dengan menempuh perjalanan yang tak lama.

“Karena nelayan Indramayu khususnya Desa Karangsong juga banyak yang melakukan aktivitas penangkapan ikannya di sekitar perairan Papua,” tambahnya.

Sehingga dengan demikian, Pemkab Indramayu akan selalu menerima tamu dari daerah manapun dalam melakukan studi tiru sebagai bentuk persaudaraan terlebih bersama-sama belajar bagaimana terus berupaya menyejahterakan para nelayan.

Terlebih disampaikan Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi, saat ini kepemimpinan Bupati Indramayu Nina Agustina melalui program yang digagasnya dalam visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dan Misi Sapta Nata Mulia Jaya telah memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya menyasar kepada nelayan.

“Alhamdulillah Pemkab Indramayu melalui Kebijakan Ibu Bupati 99 program prioritasnya sangat mendukung pembangunan perikanan, terbukti dari 99 program 14 program adalah untuk pembangunan perikanan dan kelautan,” ujar Kadiskanla mengakhiri. (Arrie.td)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama