Tim Kementerian Pertanian RI Kunjungi Pembangunan Embung Di Kecamatan Terisi

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Tim Kemeterian Pertanian, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat, Staf Ahli Ekbang Setda Kabupaten Indramayu, dan Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, berkeliling melihat langsung potensi embung yang sedang dibangun bertahap oleh Pemerintah Desa Jatimunggul Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, 

Embung yang dibangun ini terletak di Blok Karang Anyar Desa Jatimunggul Kecamatan Terisi. Dibangun dengan lebar 40 meter, panjang 400 meter dan kedalaman 7 meter, dengan didukung stabilitas airnya dari pompa berpanel listrik yang cukup besar dan memiliki mata air yang cukup besar.

Memiliki potensi yang cukup besar, Tim kunjungan segera membuat permohonan  kepada Kementerian untuk mengusulkan  mesin pompa dan usulan program lainnya.

Embung ini sudah lama terisi bibit ikan nila, lele dan patin, rencananya akan ditambah lagi dan berkoordinasi dengan Diskanla. Penataan jalan dan yang lainnya sedang proses secara bertahap, kini sudah ada 45 ribu batako untuk penataan jalan taman, dan dikerjakan dengan biaya mandiri.

Pembangunan Embung direncanakan untuk cadangan air sawah di musim MT 2, dan untuk mendukung program Pusat Pangan, taman rekreasi, serta penanganan stunting di Kabupaten Indramayu, khususnya di Kecamatan Terisi. Hal ini dibuktikan dengan sudah adanya berbagai jenis ikan air tawar, tanaman bogyana atau semacam sakura yang disajikan dengan panoramanya yang indah untuk dijadikan Pusat Pangan di Kecamatan Terisi.

Camat Terisi Endhy Yohendi mengatakan, untuk sawah dan pengadaan ikan sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar, dengan cara diadakan mancing gratis.

"Pemanfaatan Embung ini sudah dirasakan oleh warga sekitar, yaitu dengan diadakannya mancing gratis," katanya.

Lebih lanjut Endhy mengungkapkan, tujuan mancing gratis ini adalah untuk penanganan stunting melalui pengadaan protein ikan secara gratis.

"Diadakanya mancing gratis ini agar warga dapat merasakan manfaat kehadiran Embung tersebut, dan juga untuk penanganan stunting melalui pengadaan protein ikan secara gratis," ungkapnya.

Dirinya juga mengapresiasi atas kinerja Kuwu Desa Jatimunggul.

"Kinerja Kuwu Jatimunggul ini luar biasa, wajib didukung dan dibantu untuk pengembangannya sebagai fokus program Puspa yang indah, tempat edukasi dan rekreasi. Apalagi jika pohon bogyana nya sudah tumbuh, pasti suasananya seperti di Jepang," ujarnya. (Rakiyah ilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama