Jaga Wilayah Perairan, Satpol Airud Polres Asahan Rutin Berpatroli Di Wilayah Perairan Asahan

MenaraToday.Com - Asahan : 

Guna menjaga situasi perairan Asahan, personel Satpolairud Polres Asahan rutin menggelar Patroli air dengan menggunakan kapal patroli II-1027.

"Kita tetap rutin menggelar operasi di perairan Asahan dimana tujuannya untuk melakukan pengawasan serta pemeriksaan terhadap kapal yang diduga membawa barang-barang ilegal keluar /masuk melalui wilayah perairan Asahan" ujar Kasatpolairud Polres Asahan, Ipda Mat Solekan, Selasa (4/4/2023).

Ipda Mat Solekan menambahkan dalam Patroli ini petugas menggunakan kapal patroli II-1027 yang melakukan pemeriksaan kapal-kapal yang datang dari laut menuju perairan Asahan. 

"Jadi selain memeriksa bawaan para nelayan, kita juga memeriksa kelengkapan kapal dan dokumen kapal. Jadi saat kita berpatroli kita menemukan kapal yang tidak dilengkapi dokumen yang di nakhodai Hendra dan 2 orang ABK yang berisi makanan dan minuman. Saat kita lakukan pemeriksaan kita tidak menemukan barang-barang  ilegal atau yang melanggar hukum. Dan kita pun  memberikan imbauan kepada nahkoda kapal" ujar Solekan 

Ipda Mat Solekan menambahkan personel juga memberikan arahan  dalam melakukan penangkapan ikan diperairan Indonesia atau Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI-571 Selat Malaka) saja, tidak melewati batas dan apabila tidak memakai GPS diharapkan lihat situasi lintas kapal cargo agar para nelayan paham batas wilayah dan kepada seluruh ABK kapal jika beristirahat harap bergantian serta cek selalu pasang surut air dan arah angin.

"Menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan (Tindak Pidana) seperti Ball Press, Narkoba dan PMI (Pekerjaan Migran Indonesia) Ilegal yang keluar maupun masuk dengan cara menumpang di kapal-kapal diperairan Asahan,"ucapnya.

Kasat Polairud Polres Asahan juga berpesan mari Bersama sama menjaga Siskamtibmas perairan agar tetap aman dan jangan mudah terprovokasi dan terpancing dengan berita-berita Hoax, yang sifatnya dapat mengadu domba sesama nelayan. Bila melaut agar berhati-hati dan membawa alat-alat keselamatan seperti pelampung, life jaket atau alat pelampung lainnya,"katanya.(Rls)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama