PT. Toba Pulp Lestari Kembali Kucurkan TJSL, Bangun Pipanisasi Air Bersih

MenaraToday.Com - Toba : 

PT Toba Pulp Lestari (TPL) kembali menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), kepada masyarakat dan lingkungan.

Program TJSL kali ini, untuk  membangun infrastruktur pompanisasi air bersih  sepanjang 950 meter bagi masyarakat Dusun Huta Nagodang, Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, baru- baru ini.

Akses air bersih, disalurkan dari sumber mata air perbukitan, dengan membangun bendungan di sekitar mata air di kawasan hutan, selanjutnya disalurkan ke pemukiman melalui pipanisasi untuk dimanfaatkan warga.

Selama ini akses air bersih bagi masyarakat terbilang cukup sulit dan jarak sungai pun  cukup jauh.

Dimana, selama ini warga lebih sering mengambil air bersih dari sungai. Memang, Sebelumnya sudah ada bangunan pipanisasi yang lama, tapi tidak berfungsi maksimal, sebab pipanya sudah rusak, membuat aliran air sangat kecil sehingga tidak sanggup memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga.

“Kami mengucap syukur dan berterima kasih kepada TPL yang telah memberikan dukungan ini, sekarang kami tidak kesulitan lagi mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,“ ujar Tarigan Rumapea, salah seorang tokoh masyarakat Dusun Hutanagodang.

Hal senda juga disampaikan salah seorang tetua di dusun itu, yakni  Oppung bermarga Rajagukguk. Dia mengungkapkan, riwayat sakit ginjal yang pernah dialaminya membuat dirinya tidak boleh sembarangan meminum air apalagi yang berasal dari sungai atau keran.

Namun setelah adanya pembangunan ini, kini dirinya mengkonsumsi air yang berasal dari pipanisasi air bersih ini.

Kepala Desa Tangga Batu I, Rianto Sitorus turut mengapresiasi dukungan ini. Pasokan air bersih sangat dibutuhkan, sehingga hal ini menjadi solusi ditengah kebutuhan warganya.

“Terealisasinya dukungan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Kini keseharian masyarakat sudah banyak memanfaatkan pasokan air bersih  selain untuk diminum, juga untuk mandi, mencuci dan keperluan rumah tangga lainnya.

Program pipanisasi air bersih TPL, juga memberikan peluang peningkatan perekonomian warga, seperti pengairan ke sawah atau ladang. Terima kasih kepada TPL, kedepannya dukungan ini akan dijaga dengan baik,” sebut Rianto.

Hema Butar-butar Community Development (CD) Officer didampingi Harapanto Sinaga, Staff Humas TPL, (Senin, 10/04/2023) menjelaskan, bahwa  perusahaan akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional TPL.

“Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Perusahaan menyadari akan hal ini, sehingga segera merealisasikan kebutuhan masyarakat di dusun Huta Nagodang ini. Melalui dukungan ini TPL hadir dan berkontribusi bersama masyarakat. Semoga seiring waktu kualitas hidup masyarakat pun dapat meningkat. Harapannya dukungan pipanisasi ini dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya oleh masyarakat," tutup Hema.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama