Bupati Toba Kunjungi Dan Serahkan Bantuan Kepada Korban Angin Puting Beliung

MenaraToday.Com - Toba : 

Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara Poltak Sitorus, mengunjungi warga Desa Lumban Gaol di Kecamatan Balige yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu 20 Mei 2023 kemarin.

Di Kecamatan Balige, selain warga Desa Lumban Gaol, warga Desa Baruara dan Kelurahan Pardede Onan, juga menjadi korban angin puting beliung tersebut. Selain rumah, kandang ternak dan tanaman kebun, juga rusak diterjang angin puting beliung. 

Dalam kunjungannya, Minggu (20/5/2023), Poltak Sitorus mengungkapkan rasa prihatinnya atas musibah yang dialami warga. Dia berharap warga tidak berlama-lama terlena atas terjadinya musibah.

 "Kita harus kuat, sabar dan tabah. Sebab setiap musibah yang menimpa kita baik itu bencana alam, kembali kita meminta pertolongan dan penghiburan kepada Tuhan Yang Maha Esa", sebut Poltak.

Usai menyampaikan penghiburan,  Poltak bersama rombongan menyerahkan bantuan sembako kepada korban. 

"Selanjutnya akan ada bentuk bantuan material bangunan untuk meringankan kerugian warga. Semoga bantuan yang diberikan Pemkab Toba dapat bermanfaat untuk meringankan beban warga" ujar Bupati 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Lalo Simanjuntak memaparkan bahwa berdasarkan validasi pendataan oleh instansi terkait, jumlah rumah yang rusak di Kecamatan Balige yakni Desa Lumban Gaol, Desa Baruara dan Kelurahan Pardede Onan, sebanyak 21 unit. Dengan rincian di Desa Lumban Gaol sebanyak 15 unit, di Desa Baruara 4 unit dan di Kelurahan Pardede Onan sebanyak 2 unit. Kemungkinan jumlah rumah yang rusak masih bertambah, saat ini petugas masih melakukan validasi data jumlah rumah rusak berat, sedang dan rusak ringan. 

Dalam kunjungannya, Bupati Poltak didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Lalo Simanjuntak Sekretaris BPBD Marasi Simamora, PLT. Kadis PUTR Sofyan Sitorus, Kepala Dinas Pertanian TH Sitorus, Camat Balige Pantun Joshua Pardede, Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan, serta anggota DPRD Toba Franshendrik Tambunan dan St. sabaruddin Tambunan. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama