Desa Se Kecamatan Sukagumiwang Berkomitmen Wujudkan Desa Digital

 

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Desa se Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu menyatakan kesiapannya mewujudkan desa digital.

Hal ini menjadi realiasi 10 program Bupati Indramayu Nina Agustina yang salah satunya adalah Lebu Digital (Le-Dig) selain berimbas pada layanan pemerintahan desa juga dapat menunjang perekonomian warga.

Untuk memastikan program Le-Dig menjadi komitmen sejumlah desa di Kecamatan Sukagumiwang telah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Pemerintah Kecamatan Sukagumiwang.

Salah satunya yang dilakukan Camat Sukagumiwang Dadang Supriatna saat membuka Rapat Koordinasi Tingkat Kecamatan Sukagumiwang, di Aula Sapuangin Kecamatan Sukagumiwang, 

Dikatakan Camat Sukagumiwang Dadang Supriatna, Le-Dig adalah salah satu dari 10 Program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina yang perlu di sukseskan untuk meningkatkan pelayanan dan menunjang kegiatan masyarakat.

"Seluruh Desa yang ada di Kecamatan Sukagumiwang harus mempunyai komitmen untuk terus  meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat dengan mewujudkan Desa Digital hal tersebut sudah menjadi keharusan dan tuntutan dari masyarakat," katanya.

Menurutnya, pelayanan saat ini sudah mulai meniadakan kertas (paperless) dan melalui penerapan dan fasilitas elektronik lainnya.

Sehingga kata Dadang, kalau ada desa yang tidak respon terhadap program Bupati dalam lebu Digital maka akan tertinggal oleh desa yang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Dadang juga menyampaikan tujuan utama dari pencanangan program Desa Digital, seperti mendorong digitalisasi pelayanan pemerintahan desa.

Kemudian mengembangkan perekonomian masyarakat desa berbasis digital, dalam arti masyarakat dapat memasarkan produknya dalam website pemerintah desa, termasuk juga pemasaran potensi desa.

Serta dapat mengembangkan literasi digital, dimana masyarakat bisa memperoleh informasi tentang desa tanpa harus datang ke desa.

"Untuk itu maka ke depan program ini harus berhasil, mengingat dukungan prasarana dan sarana termasuk hardware dan softwarenya sudah dimiliki desa, tinggal mindset pemerintah desa yang harus berubah dan juga siapkan orang sebagai pengelola desa digital agar bisa berfungsi dengan baik," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan juga Tim ahli IT dari PT. Angkatan Muda Indramayu yang merupakan pelaksana program lebu Digital wilayah Kecamatan Sukagumiwang untuk mensosialisasikan penerapan Desa Digital pada Sekretaris Desa dan Operator Desa. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama