Jadi Narsum Di TVRI, Diskopdagin Indramayu Kenalkan Budaya Batik

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu kembali menjadi narasumber pada Stasiun TVRI Jawa Barat dalam segmen "Jawa Barat Hari ini".

Pada segmen tersebut, Diskopdagin Kabupaten Indramayu membahas mengenai Budaya Batik Khas Indramayu yaitu Batik Tulis Complongan.

Diketahui, Batik Tulis Complongan ini telah terdaftar sebagai Hak kekayaan intelektual Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Ciri khas dari Batik Complongan adalah memiliki motif lubang jarum yang sangat unik.

Plt. Kepala Diskopdagin Kabupaten Indramayu, Ahmad Budiharto menyampaikan, Indramayu dalam kepemimpinan Bupati Nina Agustina mempunyai visi yaitu Indramayu Bermartabat dengan didukung 7 misi daerah yaitu Sapta Nata Mulyajaya.

"Pada misi ke7, salah satunya adalah meningkatkan daya tarik dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada di Indramayu, yaitu pertanian dan perikanan," katanya dari Indramayu Command Centre, Selasa (9/5/2023).

Lebih lanjut, Ahmad menambahkan, adanya hubungan antara potensi daerah dengan batik tulis complongan.

"Batik Tulis Complongan mempunyai corak, motif, dan gayanya yang sangat khas, yaitu khas pantai dan khas pertanian," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Industri Hani Handayani, menyampaikan terkait pangsa pasar Batik Complongan.

"Selain pangsa pasar yang sudah dilakukan secara lokal, kami juga sering mengikuti agenda-agenda pameran besar seperti inacraft. Kemudian secara internasional, Batik Complongan juga sudah dikenal oleh masyarakat Jepang," pungkasnya. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama