Kunjungi Riset And Development TPL, Mahasiswa Fakultas Kehutanan USU Medan Dapatkan Pengembangan Iptek Modern Kehutanan

 MenaraToday.Com - Toba : 

PT Toba Pulp Lestari (TPL) menyambut hangat kedatangan para mahasiswa Strata Satu (S1) Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU), bertempat di Guest House TPL baru-baru ini.

Kunjungan Kuliah Lapangan yang diikuti oleh 52 mahasiswa, 4 asisten dosen dan 1 dosen pendamping yang terbagi dalam 2 kelompok, diawali dengan pengenalan dan presentasi singkat dari pihak TPL. Antusiasme peserta pun terlihat jelas ketika mendengarkan pemaparan.

TPL merupakan obyek vital nasional yang beroperasi dalam bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) dan pengelolaan hasil hutan tersebut yang berupa kayu akan diproses di pabrik TPL sehingga memproduksi bubur kertas atau pulp  dan akan di ekspor ke dalam maupun luar negeri.

Staff Humas TPL Rikky Hutabarat, Senin (15/05/2023) menyebutkan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu perwujudan dari key messages yang dimiliki oleh TPL, yaitu open and transparent for continuous improvement. TPL akan selalu membuka komunikasi secara terbuka dan juga transparan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan terpercaya.

Perusahaan selalu mendukung pembelajaran akademisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terlebih untuk mahasiswa Fakultas Kehutanan yang ingin mengetahui proses pengelolaan hama penyakit yang ditanggani oleh TPL dan teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan.

Setelah pemaparan singkat, para mahasiswa dibawa berkeliling untuk melihat langsung bagaimana proses pembibitan di nursery utama, serta  mengunjungi Research And Development (R&D) untuk mengetahui penanganan hama penyakit yang ada di TPL.

Luis Eidelweiss sebagai mahasiswi sekaligus ketua rombongan dalam kunjungan Mahasiswa Fakultas Kehutanan USU ke TPL, menyampaikan antusiasnya sebagai mahasiswa yang bisa melihat langsung penerapan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah.

“Saya sangat senang atas kunjungan kami ke TPL sebagai salah perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan di Sumatera Utara. Banyak ilmu dan pengetahuan yang kami dapat serta pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek) yang modern khususnya untuk penanganan hama di TPL sendiri,” ujar Luis.

Mahasiswa lainnya Hazrikal menambahkan, “TPL merupakan tempat yang ideal untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa khususnya mengenai HTI dan juga proses di pabrik. Disini juga kami mendapakan pemaparan bahwa TPL tetap menerapkan prinsip pengelolaan hutan Lestari (sustainable forest management) serta membuka lapangan pekerjaan bagi para masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.” ungkapnya. 

Dosen Fakultas Kehutanan USU, Yunasfi yang mendampingi para mahasiswa mengapresiasi dukungan dan kerjasama TPL sehingga terlaksana program kunjungan kuliah lapangan ini.

"Kami berterimakasih atas kesedian TPL untuk mendukung Program Merdeka Belajar yang dapat memotivasi mahasiswa. Kami juga mensyukuri keberadaan TPL yang menjadi lokasi ideal untuk mempelajari mengenai HTI khususnya untuk mahasiswa kami di Fakultas Kehutanan,” ujar Yunasfi mengakhiri. (JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama