Semarak Hari Pendidikan Nasional, Siswa SMP Suguhkan Tortor Lima Puak


MenaraToday.Com - Toba :

Sebanyak 5 unit Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara yakni SMPN 1 Atap Tampahan, SMPN 4 Laguboti, SMPN 1 Porsea, SMP Swasta Budi Dharma dan SMP Swasta Bona Pasogit  menyemarakkan rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 melalui tortor Lima Puak (5 daerah), bertempat di Lapangan Sisingamangaraja Balige, Senin (2/5/23).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 mengusung tema" Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar".

Tortor Lima Puak yang disuguhkan para pelajar SMP ini adalah tortor etnis Batak dikawasan Danau Toba. Dalam kesempatan ini SMPN 1 Atap Tampahan membawakan tortor Batak Simalungun, SMP Swasta Budi Dharma membawakan tortor Batak Toba, SMP Swasta Bona Pasogit membawakan tortor Batak Angkola , SMPN 4 Laguboti membawakan tortor Batak Dairi dan SMPN 1 Porsea membawakan tortor Batak Karo.

Lemah gemulai cengkok masing-masing pelajar dalam membawakan tortor ini, mengundang decak kagum para undangan. Mereka sudah memiliki bakat seni, dan diharapkan terus dilatih. Sehingga budaya daerah dalam hal ini budaya Batak dapat terus dilestarikan dan di wariskan kepada generasi penerus, ujar J.Panjaiatan warga Kecamatan Silaen yang meyaksikan suguhan tortor oleh pelajar SMP ini.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 1 Atap Tampahan, Mangara Tambunan, S.Pd mengapresiasi guru pembimbing dan siswanya. Performa hari ini cukup bagus dan kita mengapresiasinya, ujarnya. Mangara menambahkan, bahwa unit sekolahnya juga  melakukan pembinaan dan pelatihan pendidikan seni dan budaya,  salahsatunya tortor. Kami berharap melalui pengetahuan, ketrampilan dan penguasaan ilmu seni budaya, diharapkan budaya daerah dapat terus dilestarikan, imbuh Mangara.

Sejumlah undangan diantaranya Bupati Toba Poltak Sitorus, Sekda Augus Sitorus, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, unsur Forkopimda serta undangan lainnya, tampak terpukau menyaksikan suguhan tortor oleh para pelajar  SMP itu.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama