Kemendes RI Gandeng Kecamatan Bandar Pulau Tuntaskan Pemutakhiran IDM Dan SDGS Tahun 2023

MenaraToday.Com - Asahan : 

Surat edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi  No 20 /PRC. 01.03/lll/2023 gandeng Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Camat Bandar Pulau,  Syamsul Di wakilkan dengan PDTI Kemendes RI Kecamatan Bandar Pulau, F.Purba membuka acara sosialisasi pemutahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh para Kepala Desa , KPMD, Sekdes , Operator Desa,Sekecamatan Bandar Pulau dan pendamping desa se-Kecamatan Bandar Pulau serta diisi dengan materi dari narasumber utama, Bapak F. Purba PDTI Kecamatan Bandar Pulau yang dilaksanakan di Aula Kantor Balai Desa Gonting Malaha (8/6/2023)

Dalam sambutannya, PDTI F. Purba mengungkapkan pentingnya pemutahiran data IDM dan SDGs sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pembangunan di tingkat desa. "Dengan data yang akurat, kita dapat menentukan langkah strategis dan program yang tepat sasaran dalam memajukan desa-desa di wilayah kita," ujar Purba

Sementara itu, narasumber utama F Purba memaparkan tentang pentingnya peran pendamping desa dalam mengumpulkan dan mengelola data untuk keperluan pemutahiran IDM dan SDGs. "Pendamping desa memainkan peran penting sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam mengumpulkan dan menyusun data yang akurat," tutur Purba. 

Acara sosialisasi ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber. Para peserta menyampaikan berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi dalam mengumpulkan data di lapangan, seperti keterbatasan akses informasi dan teknologi. Narasumber memberikan berbagai solusi dan saran untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah tersedia.

Diharapkan, melalui acara sosialisasi ini, para kepala desa dan pendamping desa di Kecamatan Bandar Pulau dapat memahami pentingnya pemutahiran data IDM dan SDGs dan memperoleh informasi dan keterampilan yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengelola data dengan baik. Dengan data yang akurat dan terkini, diharapkan pembangunan di tingkat desa dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih Maju dan Mandiri.(SDM)

2 Komentar

  1. Mantabbb. Maksimalkan pemanfaatan Dana desa untuk menunjang pembangunan desa guna mendongkrak status desa menuju desa maju dan mandiri

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama