Ketum DPP FTIA Efendi Lubis SH, Hadiri Konfercab FTIA Kabupaten Sergai dan Rakor FTIA Se-Sumatera Utara


Ketua Umum Federasi Transportasi Industri dan Angkutan (Ketum FTIA) Efendi Lubis SH saat memberikan kata sambutan.(Foto Irlan Situmorang). 

Menaratoday.com - Serdang Bedagai :

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Federasi Transportasi, Industri dan Angkutan (DPP -FTIA), Efendi Lubis SH, bersama sekretaris Hotlan Pardosi SH, MH, menghadiri Konferensi Cabang (Konfercab) FTIA Kabupaten Serdang Bedagai dan Rapat Koordinasi (Rakor) FTIA Se-Sumatera Utara, di Aula Restaurant Bahagia, Jalan Lintas Sumatera Perbaungan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara, Selasa (5/9/2023) pukul 12.30 WIB.

Konfercab FTIA Kabupaten Sergai dan Rakor FTIA Se-Sumatera Utara tersebut dilakukan sebagai implementasi melaksanakan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Federasi Transportasi, Industri dan Angkutan (FTIA), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Ketua DPC FTIA Kabupaten Serdang Bedagai, Erwin Chaniago.(Foto Irlan Situmorang).

Serta menindaklanjuti kegiatan Kongres KSBSI ke-9 yang telah dilaksanakan oleh DPP FTIA pada tanggal 8 - 11 Juli 2023 yang lalu di Hotel Golden Boutique Jakarta Pusat.

Acara dimulai dengan laporan pelaksanaan Konfercab FTIA yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FTIA Kabupaten Sergai, Erwin Chaniago.

"Saya ucapkan terimakasih pada seluruh peserta Konfercab, Ketum, Korwil, DPC dan tamu undangan," papar Ketua DPC FTIA Kabupaten Sergai, Erwin Chaniago.

Pengurus DPP bersama Pengurus DPC Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara foto bersama.(Foto Irlan Situmorang).

Kemudian pemaparan materi disampaikan oleh Ramlan Hutabarat selaku Ketua Korwil KSBSI Sumatera Utara.

Ramlan Hutabarat menjelaskan dilaksanakannya konfercab di Kabupaten Sergai, diharapkan adanya perkembangan kedepannya. 

"Kita berdiri mulai tahun 2001, kita harus lebih elegan dalam pergerakan perburuhan, image yang negatif harus kita rubah, transportasi yang paling disegani dan ditakuti. Dengan adanya Konfercab tidak hanya sekedar tatap muka, tapi banyak perekrutan dan pengembangan serta saling koordinasi," terang Ramlan Hutabarat.

Ketum DPP FTIA bersama pengurus DPC dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serdang Bedagai saat foto bersama usai acara Konfercab FTIA dan Rakor FTIA Se-Sumatera.(Foto Irlan Situmorang).

Dalam sambutannya, Kadisnaker Sergai, Ikhsan menyampaikan bahwa pemerintah mendukung penuh adanya Konfercab FTIA untuk mensejahterakan, melindungi dan memperjuangkan hak-hak buruh.

"Saya hadir disini selaku Pemerintah Kabupaten Sergai, itu menunjukkan bahwasannya kami pemerintah memberikan dukungan penuh, Hidup Buruh, Hidup Buruh, Hidup Buruh," tegasnya sambil menyuarakan yel-yel buruh.

"Dalam peraturan yang baru memberikan ruang, untuk membentuk serikat-serikat, ini menunjukkan bahwa demokrasi sudah masuk kedalam sendi, sel-sel buruh. Kami pemerintah meminta kepada pengurus untuk lebih dewasa dalam berorganisasi dan  mengelola organisasi.

Begitu dibentuk, pengurus harus memikirkan kesejahteraan anggota organisasi (buruh), agar buruh sejahtera, merasa terurus dan terlindungi," ucap Kadisnaker Sergai sambil meyakinkan bahwa pemerintah akan bersama buruh, sepanjang mengikuti peraturan dan regulasi yang ada.

"Saya ucapkan selamat atas konfercab yang dihadiri pengurus kabupeten/kota se-sumatera utara, Pemerintah Serdang Bedagai akan memperjuangkan hak-hak buruh," tutupnya. 

Dikesempatan itu, Ketum DPP FTIA Efendi Lubis SH memaparkan terkait undang-undang cipta kerja dan regulasi terkait lainnya.

"Adapun tujuan saya datang kesini, memberikan awal pembinaan kepada pengurus," tegasnya. 

Saat dikonfirmasi menaratoday.com Ketum FTIA memaparkan bahwa FTIA terafiliasi dengan KSBSI, dan secara internasional terafiliasi dengan ITF London-Inggris.

"Tujuan kita untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh/pekerja agar mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan, secara nasional FTIA terafiliasi dengan KSBSI dan internasional terafiliasi dengan London-Inggris," jelas Ketum FTIA Efendi Lubis yang juga sempat menggeluti dunia jurnalistik dan pernah sebagai anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Amatan menaratoday.com, hadir dalam acara tersebut dari jajaran Pemerintahan Kabupaten Sergai, Disnaker Sergai, Pemerintah Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan dan tamu undangan lainnya.

Dari unsur pengurus tampak hadir, Ramlan Hutabarat, Ketua Korwil KSBSI Sumatera Utara, Edi Syahputra Harahap, Pengurus FTIA Provinsi Sumatera Utara, Ketua dan Sekretaris DPC-FTIA Kabupaten Simalungun, DPC-FTIA Kabupaten Batubara, Sekretaris DPC-FTIA Kabupaten Asahan, DPC-FTIA Kota.Tanjung Balai, Ketua dan Sekretaris DPC-FTIA Kota Pematang Siantar, DPC-FTIA Kota Tebing Tinggi dan beberapa pengurus FTIA - KSBSI lainnya.(Irlan Situmorang).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama