Jelang Natal dan Tahun Baru, Waspada Cuaca Ekstrem dan Potensi Bencana

MenaraToday.Com - Indramayu :

Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 BMKG bersama BNPB mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem serta berbagai potensi kebencanaan yang mungkin terjadi selama periode tersebut.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto serta Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan dalam konferensi pers bertajuk Prediksi Cuaca dan Antisipasi Bencana Jelang Nataru yang digelar secara virtual oleh Kemenkominfo, Jumat (22/12/2023).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, berdasarkan hasil prakiraan cuaca yang dilakukan oleh BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat saat musim libur Natal dan tahun baru.

Guswanto menyebut, BMKG telah membagi prospek cuaca selama Nataru 2023/2024 di mana periode 19–24 Desember 2023 potensi hujan lebat dapat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua. Sedangkan Sulawesi Selatan berpotensi hujan sedang.

Kemudian, periode 25 Desember 2023 – 1 Januari 2024 hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Kep Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua berpotensi hujan sedang pada periode tersebut.

Sementara pada periode 2 – 6 Januari 2024, hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Kep Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan pada periode ini wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua berpotensi hujan sedang. (Arrie.td)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama