Mahasiswa PMI FDK UINSU Laksanakan Praktek Lapangan Bidang Ekonomi SDA

MenaraToday.Com - Medan :

Sejumlah mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FDK UINSU) melakukan kunjungan lapangan Ke kediaman Bapak Sudirman selaku Narasumber  di Desa Pasar 7 Tembung Jalan sederhana Dusun ll Bakung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang  baru - baru ini.

Adapun Tujuan praktek lapangan ini merupakan  kunjungan lapangan bagian tugas UAS mata kuliah Ekonom SDA pemanpaatan segudang sabut kelapa.Hal ini diungkapkan ,  Bagas salah seorang Masiswa yang mengikuti kegiatan tersebut ke awak media.

Salah satu kata Bagas, pemanpaatan serabut kelapa."  Pohon kelapa merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat. Seluruh bagian dari pohon kelapa memiliki manfaatnya. Misalnya sabut kelapa. Manfaat sabut kelapa adalah sebagai bahan media tanam.Ungkap Bagas .

Hal senada di katakan Sudirman, salah seorang Narasumber yang di kunjungi mahasiswa merupakan  sabut kelapa sering diabaikan begitu saja, padahal sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk tanaman.

Serbuk sabut kelapa atau "Cocopeat" yang merupakan hasil samping dari usaha pengolahan serat sabut kelapa dapat menghemat penggunaan pupuk pada tanaman hingga 50 persen. kemampuan serbuk sabut kelapa menyerap dan menyimpan air 300 persen lebih dari kemampuan lahan, menjadikan pupuk yang diberikan pada tanaman tidak tergerus air pada saat penyiraman atau hanyut pada saat hujan." Ungkapnya.

" Sementara serabut sisa sabut kelapa yang sudah di giling di mesin dompleng disebut cocofiber yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan seperti pembuatan keset, pot bunga, tali tambang, sapu dari serabut.Katanya.

Sementara itu salah seorang  Dosen Pengampu, Ilham Mirzaya Putra, M.Si menyebutkan  bahwa  kegiatan praktikum lapangan ini masuk di mata kuliah bidang  Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat bermanfaat bagi peserta  didik, seperti kita ketahui pemanpaatan serabut kelapa banyak manfaat, di antaranya memperkuat batang dan akar tanaman, menambah bobot atau isi buah dan biji tanaman, mencerahkan warna buah atau biji tanaman, menambah aroma harum pada buah, dan membuat rasa buah menjadi lebih manis.Ungkapnya.

Dengan pemanfaatan limbah serabut kelapa menjadi cocopeat, kini tidak ada lagi serabut kelapa yang terbuang percuma. Saat ini, sabut kelapa pun ada nilai jualnya.jelasnya.

Dengan melakukan praktikum lapangan , Mirzaya  berharap mahasiswa - mahasiswi UINSU  yang mengikuti kegiatan praktikum diharapkan mampu pro aktif di desa mengembangkan usaha atau penelitian bidang SDA.

Dalam kegiatan tersebut turut di hadiri sepuluh Mahasiswa _ Mahasiswi yakni Annisa Faradilla, Beiby Fatharina Nst , Fitri Annisa Tanjung, Tia Alvina Nst, Pitriani, Ahmad Kelvin, M. Tondi Namora, M. Bagas Ansari Lubis, M. Amson Nasution dan Wiltatikta Badar serta Bapak Sudirman selaku Narasumber serta Dosen Pengampu Sumber Daya alam (SDM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama