Telan Anggaran Puluhan Milyar Rupiah, Belum Genap Setahun Plafon Mesjid Al Abror Ambruk

Menaratoday.com - Sidimpuan
 Jelang masuknya bulan suci Ramadhan 1445 H, plafon Masjid Raya Al-Abror Kota Padangsidimpuan ambruk pada hari Rabu (06/03) untungnya saat itu mesjid lagi sepi hingga tidak ada korban 


Diketahui, masjid yang baru saja selesai dibangun dan direnovasi tersebut sudah menelan biaya hampir mancapai Rp.30 Miliar lebih yang dikerjakan oleh Pemko Padangsidimpuan bersumber dari APBD.

Berikut Rincian Biaya Renovasi

- 2022, Pemko Padangsidimpuan menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 14.328.909.000, dari APBD melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) dengan waktu pengerjaan 23 Mei 2022 s/d 21 Juni 2022. (Termasuk Plafon).

- 2023, Pemko Padangsidimpuan kembali menggelontorkan anggaran Rp. 16.493.530.000 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Saat Kejadian Ambruknya Plafon

- Sesuai keterangan salah seorang jamaah, Romi Rambe, bahwa sebelum ambruk terdengar suara gemuruh. Beruntung tidak ada korban jiwa.

"Jadi sebelum kejadian, ada seorang jamaah perempuan sedang baca Al-Quran dibawah plafon itu. Lalu dirinya pindah, sehingga tidak menimpa dirinya, Ucap Romi.

Tanggapan DPRD Kota Padangsidimpuan

Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Irpan Harahap yang juga ketua Badan Kehormatan meminta pihak yang terlibat pengerjaan dan dinas untuk bertanggungjawab.

"Ini jelang masuknya ramadhan. Tentu masjid kebanggaan warga Padangsidimpuan ini akan menjadi pusat kegiatan dan sholat tarwih. Dan kita minta untuk plafon itu di perbaiki total secepatnya. Serta di cek kembali jangan sampai ada kejadian saat ramadhan" Ucap Ipan.

Tanggapan Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas PUPR

Saat di konfirmasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kota Padangsidimpuan menyebutkan akan memperbaiki kerusakan.

"Saat ini kita sedang melalukukan perbaikan kerusakan tersebut. Siang ini kita kelokasi" Kata  Kabid Cipta Karya, Chairul Amri.

Saat ditanyai kembali, kontraktor yang mengerjakan prokyek plafon terebut salah satu perusahan konstruksi di Kota Padangsidimpuan.

"Ia, itu CV Peduli.  Serta anggarannya 2022 sebesar Rp. 14 Milliar" Kata Kabid Cipta Karya. (Ucok Siregar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama