Gandeng Pos Damkar, Puskesmas Rimbo Ulu Lakukan Simulasikan Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran

 

MenaraToday.Com - Tebo : 

Puskesmas Rimbo Ulu menggandeng Pos Damkar Rimbobujang menggelar acara simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan upaya pemadaman api tradisional dengan menggunakan karung goni basah yang digelar di Aula Puskesmas dan halaman Puskesmas Jalan Anggrek Desa Damai 

APAR sendiri adalah alat berupa tabung yang biasanya berwarna merah berisi bahan kimia dengan tekanan tinggi yang berfungsi untuk memadamkan api kecil atau sebagai alat antisipasi awal ketika muncul api yang dapat berpotensi menimbulkan kebakaran besar,beratnya mulai dari 0,5 kg sampai 16 kg, dengan cara di semprotkan dengan di arahkan ke sumber api.

Petugas Damkar Pos Rimbobujang bekerjasama dengan Puskesmas Rimbo Ulu memberikan petunjuk penggunaan APAR ataupun  Simulasi sebagai bentuk dan langkah antisipasi dan pencegahan Kebakaran sehingga apabila ada kejadian kebakaran yang tidak di inginkan dapat di lakukan pencegahan dengan Pemadaman Mandiri untuk menghindari kejadian kebakaran yang berpotensi menimbulkan kerugian materi ataupun Korban jiwa sebelum menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran.

Para perangkat ataupun Para Pegawai di Puskesmas pun antusias mengikuti dan memperhatikan acara Simulasi Pemadaman Api menggunakan APAR dengan seksama karena kegiatan itu sangat bermanfaat bagi upaya pencegahan atau langkah antisipatif jika ada muncul api yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran baik di tempat kerja maupun di rumah masing masing.

Juga di Simulasikan pencegahan kebakaran secara tradisional menggunakan karung goni yang di basahi dengan media percontohan Tabung Gas elpiji 3 Kg yang merupakan alat masak warga umumnya apabila terjadi kebocoran gas yang dapat menimbulkan api yang juga bisa menjadi pemicu kebakaran.

Kegiatan Simulasi Kebakaran ini di pimpin langsung oleh Danpos Kantor Damkar Rimbobujang Sumadi.B bersama 6 personel anggota Damkar.

Kepala UPTD Puskesmas Rimbo Ulu, Noralisa,M.K.M mengucapkan banyak terimakasih kepada personel Damkar yang telah siap sedia memberikan giat Simulasi ke instansi yang di pimpinnya.,

"Terima Kasih banyak kepada Petugas Damkar yang sudah memberikan sosialisasi dan simulasi pencegahan kebakaran, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keselamatan di tempat kerja juga di rumah tangga ", ucapnya. (Soer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama