Aksi Penolakan Keputusan Kelulusan PPK Yang Dinilai Sarat KKN Nyaris Ricuh

MenaraToday.Com - Asahan :

Dinilai tidak transparan dan diduga sarat Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam perekrutan anggota PPK, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Asahan menggelar aksi unjuk rasa menolak hasil keputusan KPU Asahan serta menolak pelantikan anggota PPK yang dinilai tidak fair, Kamis (18/5/2024). 

Pantauan di lapangan, awalnya massa HMI menggelar unjuk rasa di depan Kantor KPUD Asahan, Jalan Sisingamangaraja Kisaran, namun tidak ada satu pun komisioner KPUD Asahan di kantornya dan didapatkan informasi bahwa seluruh komisioner KPU Asahan berada di Hotel Antariksa jalan Gambas Kisaran melaksanakan pelantikan anggota PPK yang dinyatakan lulus seleksi. 

Koordinator Aksi, M. Syafi'i dalam orasinya menyebutkan bahwa KPUD Asahan telah melakukan kecurangan dalam rekrutmen anggota Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK). 

"Kami menilai anggota PPK yang dinyatakan lulus merupakan titipan dari pejabat Asahan, Ketua OKP maupun Ormas serta adanya titipan orang dalam. Hal tersebut diperkuat dengan temuan di lapangan, dimana peserta yang memiliki nilai tinggi saat ujian Computer Assisted Test (CAT) tidak di luluskan oleh pihak Komisioner malah yang berhasil masuk menjadi PPK terpilih yang memiliki nilai rendah, ada apa dengan KPU Asahan."Teriak M. Syafi'i.

Satu jam berorasi di halaman kantor KPU aspirasi mahasiswa tidak mendapatkan tanggapan, dan massa pun bergerak ke Hotel Antariksa tempat pelaksanaan pelantikan PPK terpilih untuk menyampaikan aspirasi. 

Dalam orasi di Hotel Antariksa sempat ricuh dimana massa HMI dihalang-halangi petugas KPUD Asahan untuk masuk ke acara pelantikan. Namun massa aksi tidak memperdulikan anggota KPU yang menghalanginya dan langsung bergerak ke Aula pelantikan mencari Ketua KPUD Asahan beserta anggota komisioner KPUD Asahan. Saat situasi mulai memanas, akhirnya Ketua KPUD Asahan, Hidayat SP mau keluar setelah dijemput paksa oleh mahasiswa sehingga mau tidak mau Hidayat SP beserta jajarannya keluar menemui mahasiswa. 

Kepada mahasiswa, Hidayat SP menyampaikan ucapan Terima kasih atas aspirasi mahasiswa. 

"Saya mengucapkan Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah memberikan apresiasi kepada KPUD Asahan, namun saya sedang melaksanakan pelantikan PPK oleh karena itu saya mohon izin dan aspirasi adik-adik mahasiswa akan kami bahas lebih lanjut bersama rekan-rekan komisioner" Ujar Dayat. 

Setelah bertemu dengan Ketua KPUD Asahan, Mahasiswa membubarkan diri dan kembali ke markas di tugu Garuda Universitas Asahan. (Nn) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama