Proyek Penanggulangan Banjir di PTPN IV Kebun Marihat Hampir Rampung


Menaratoday.Com - Simalungun :

Proyek pembangunan sodetan Afdeling III Kebun Marihat guna penanggulangan banjir yang dilakukan oleh PTPN IV saat ini sudah hampir rampung dikerjakan.

Sodetan ini diharapkan akan menjawab keluhan masyarakat, khususnya di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, yang sebelumnya selalu terdampak banjir saat musim penghujan.

Hal itu disampaikan Hanafi Purba selaku Ketua Panitia Penanganan saat meninjau proyek untuk memeriksa kualitas dan kesesuaian dengan kontrak yang sudah disepakati sebelum hasil pekerjaan diserahkan ke PTPN IV.

“Peninjauan ini kegiatan bidang SDA, yang merupakan salah satu kewajiban kita untuk melihat langsung pekerjaan yang ada di lokasi, karena ini sudah mengajukan pekerjaan 100 persen selesai, kami akan bayarkan 100 persen tapi perlu harus diperiksa langsung di lapangan,” sebut Hanafi Purba, saat ditemui di lokasi sodetan Afdeling III, Kebun Marihat, Sabtu (28/12/2019).

Sebelumnya pada rapat evaluasi dimaksud, seperti disampaikan Hanafi, Kadis BMDBK Provinsi Sumatera Utara Effendi Pohan meminta pihak PTPN IV kembali melakukan penggalian sesuai elevasi, agar air dapat mengalir ke Sungai Bah Birong dengan menurunkan box culvert (beton coran) sedalam 2,5 meter.

Galian yang sudah dikerjakan oleh PTPN IV agar direhab kembali ke Sungai Bah Birong

Sedangkan dari DPRD Simalungun meminta penutupan aliran air di bendungan yang dibangun Pemkab Simalungun dan menggali kembali kedalaman aliran air menuju ke Sungai Bah Birong untuk memperlancar pekerjaan yang ada di jalan provinsi P Siantar-Tanah Jawa.

Diberitakan sebelumnya, sebagai langkah antisipasi longsor di jalan umum Pematangsiantar-Tanah Jawa–tepatnya di sekitar lahan HGU PTPN 4 Kebun Unit Marihat, Nagori Marubun Jaya–Dinas Pengairan, Perhubungan Pemprov Sumut, Pemkab Simalungun dan manajemen Perkebunan PTPN 4, menggelar Rapat Penanggulangan Bencana banjir di Kantor Manajer PTPN 4 Unit Marihat, Jum’at (10/10/2019) lalu.

Longsor tersebut diketahui telah mengakibatkan terputusnya jalan yang menghubungkan Pematangsiantar-Kecamatan Tanah Jawa. Namun, curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat sodetan tersebut meluap kembali.

Teranyar, banjir kembali melanda Afdeling VI Kebun Bah Jambi, Nagori Totap Majawa, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Senin (11/11/2019) sekira pukul 16.00 Wib. (RG)
Lebih baru Lebih lama