Peringati HPN, Awal Kaget Berkomitmen Tidak Sebarkan Berita Hoax


MenaraToday.com - Banyuwangi :

Peringati Hari Pers Nasinal (HPN), Forum yang tergabung dalam Aliansi Wartawan dan LSM (AWAL) wilayah Kalibaru, Glenmore dan Genteng (KAGET) menggelar show off dengan membagikan sebuah selebaran dan sticker pada pengendara motor dan mobil di perempatan lampu merah Genteng Banyuwangi Jaw Timur, Senin (24/2/2020) pukul 08.00 WIB.


Ketua AWAL KAGET Indra Guna Purwadi mengatakan,Tanggal 9 Februari, merupakan hari istimewa bagi kalangan Jurnalis. HPN adalah Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Yang menyebutkan bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Selain itu, sebagai landasan ideal Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999, serta kode etik jurnalistik, maka sebagai komitmen insan pers yang tergabung di AWAL KAGET, berjanji dan komit akan menaati serta menjaga marwah wadah lembaga.

" Peringatan HPN tahun ini merupakan sarana untuk mewujudkan kebersamaan dan sinergi antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah. Kami keluarga besar AWAL KAGET, akan mengutamakan segala bentuk produk jurnalis yang edukatif yang bertujuan untuk mendidik serta mencerdaskan masyarakat khususnya di wilayah KAGET umumnya di Kabupaten Banyuwangi. Serta berjanji tidak menyebarkan berita bohong (Hoax) karena hal itu akan mempengaruhi paradigma dan karakter masyarakat " ujarnya.

Indra Guna Purwadi juga menyambut hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2020 ini, selain agar  jurnalis AWAL KAGET bisa bekerja secara profesional.

" Kami juga akan eksis dan terus menyajikan pemberitaan yang berkualitas sebagai kontrol sosial, serta tidak hanya mengutamakan rating atau semata ingin banyak dibaca masyarakat luas saja. Dengan keberadaan AWAL KAGET, kami berkeinginan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan ikut berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Tanpa dukungan masyarakat di teritorial KAGET, hal ini pasti tidak akan berhasil, maka dari itu baik perorangan, perkumpulan masyarakat maupun Organisasi Masyarakat (Ormas) silahkan bergabung dengan AWAL KAGET, untuk bersama-sama mewujudkan tujuan kami " imbuh Ketua AWAL KAGET. ( S.Rifai )
Lebih baru Lebih lama