DBD Serang Puluhan Warga Labuan, Puskesmas Harap Segera Lakukan Fogging



MenaraToday.Com - Labuan-Pandeglang :

Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang bertambah. Sebelumnya dimana pada bulan Januari hingga Februari jumlah penderita mencapai  27 Orang, sementara pada bulan maret ini ada 14 warga yang terkena DBD. Jumlah tersebut didominasi oleh anak-anak dan usia dewasa.

Pengelola Program DBD pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Labuan Halimatu Mardiah (Diah) menuturkan, dalam tri semester pertama tahun ini jumlah penderita DBD  memang mengalami peningkatan yang cukup berarti. 

“Padahal kami dari puskesmas Labuan sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan upaya-upaya pencegahan dengan memberikan penyuluhan dan bubuk abate kepada warga.” Tuturnya

Dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya ada yang berasal dari desa caringin kec. Labuan, meski ada beberapa yang kembali kerumah namun masih banyak yang menjalani pengobatan dan perawatan. Salah satu warga caringin Hanan Muhazir mengaku, pihaknya beserta warga lainnya sudah mengusulkan untuk segera di foging.

“Kami sudah mencoba mengusulkan baik ke pihak desa, kecamatan bahkan ke puskesmas Labuan untuk segera dilakukan foging dilingkungan rumah warga, namun Alhamdulillah sampai saat ini belum juga.” demikian kata Hanan.

“Kami khawatir jika ini tidak segera ditanggulangi warga yang terkena DBD akan semakin bertambah, dan kami tidak ingin hal itu terjadi, kasihan warga kami.” imbuh Hanan.

Terkait hal itu, Diah mengaku sudah mengajukan program foging namun hingga saat ini belum ada informasi yang jelas kapan foging akan dapat dilakukan. 

“Kepada seluruh warga yang ada dikecamatan Labuan diharapkan agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 4M Plus Menguras, Mengubur, Menutup, Memantau. “ tambah Diah.

Sementara itu Kepala Puskesmas Labuan Angga Wijaya menjelaskan, pengajuan soal foging sudah disampaikannya ke DInas Kesehatan (Dinkes) Kab. Pandeglang, Namun hingga hari ini belum juga ada kejelasan mengani kapan akan dilakukan foging diwilayah kec. Labuan.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan foging ke Dinkes dari bulan januari, februari bahkan bulan maret ini juga kami sudah mengajukan tapi sampai saat ini kami belum mendapat info kapan wilayah kami akan difoging” tutur Angga.

Angga mengaku, ada kemungkinan belum dapat dilakukannya foging diwilayah kecamatan Labuan dikarenakan banyaknya kecamatan dikabupaten pandeglang yang meminta hal yang sama.

“Meski demikian kami dari pihak puskesmas akan terus mengingatkan Dinkes agar segera melakukan foging. Karena kami khawatir jumlah penderita DBD akan semakin bertambah.” Tukas Angga (INS)
Lebih baru Lebih lama