Ketua DPRD Dharmasraya: Penuhi BLK Untuk Kemahiran Diri

Dilihat 0 kali
Jumat, 20 Maret 2020 / 11:35


MenaraToday.Com - Dharmasraya :

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto. SH, dorong Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja agar berinovasi dalam membuat pelatihan keterampilan demi kemahiran dan  kemajuan masyarakat. 

Menurut pimpinan DPRD ditelorkan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat berkunjung ke lokasi balai latihan kerja (BLK) Dharmasraya didampingi langsung oleh Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Marten Yunus, beserta Instruktur Lili Novita Sari, mereka menyaksikan para peserta sedang asyik menekuni pelatihan menjahit. 

Sebanyak 16 orang  peserta menjahit sedang pelatihan saat itu, tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh instruktur dan asesor binaan BLK Sumbar, Riau, dan Kepri. 

"Perlu kiranya pelatihan keterampilan dilaksanakan oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja secara terus menerus, agar masyarakat memiliki keterampilan khusus, sehingga mampu mengangkat ekonomi keluarga,'  sebut kader PDIP yang sudah tiga periode duduk sebagai anggota dewan itu. 

Ia juga menambahkan, pelatihan keterampilan Garmen/menjahit merupakan keahlian rumahan yang memiliki prospek ekonomi memadai, apabila mampu mengelola dengan baik dan sempurna. 

Pemerintahan tentu, akan selalu mendorong dengan berbagai macam program kegiatan pelatihan, terutama dibidang Garmen, TIK/komputerisasi, Tataboga, listrik, otomotif, manufaktur, Audiovia, dan Las. 

"Seluruh lulusan kejuruan ini, sangat dibutuhkan keterampilannya dan tenaganya di tengah lingkungan masyarakat, maupun di perusahan besar, atau pabrik, karena mereka telah memiliki sertifikat keterampilan, atau keahlian," sela Marten Yunus Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Dharmasraya. 

Pokoknya, kita akan menampung masyarakat yang memiliki kemauan untuk menambah ilmu keterampilan. Selesai pelatihan BLK juga akan memberikan sertifikat keterampilan sesuai dengan bidang yang diikuti.

Selama pelatihan, peserta juga difasilitasi dengan transportasi, baju pelatihan, serta asrama bagi peserta memiliki tempat tingga jauh. Pokoknya, selama pelatihan para peserta dimanjakan dengan berbagai fasilitas," terang Marten Yunus. 

Adapun peserta saat ini merupakan warga Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung, karena BLK tidak membatasi peserta, terpenting memiliki kemauan, dan memiliki KTP Elektronik. 

Maka dari itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya, agar segera mendaftar untuk pelatihan dalam penerimaan peserta latihan tahap ke-III, akan dilaksanakan pada  5 April 2020 mendatang. Tentu dengan ketentuan umur 17 tahun ke atas, dengan tidak melirik latar belakang pendidikan, tetapi hanya modal kemauan, pungka Marten Yunus. 
(Syaiful Hanif)
Komentar Anda

Terkini