Ini Harapan Kadisdik Kapuas Hulu Ditengah Pendemi Covid - 19

Keterangan Foto : Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi 

Menaratoday.com - Kapuas Hulu

Dunia pendidikan sangat terdampak terhadap oleh pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai saat ini.

Bahkan jelang memasuki tahun ajaran baru, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan belum sepenuhnya memberlakukan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah.

Opsi belajar hanya bisa dilakukan dengan sistem virtual dengan memanfaatkan jaringan internet, itupun pun belum menjadi solusi terbaik khususnya di daerah-daerah pedalaman.

"Untuk daerah yang sinyal bagus bisa sistem daring, kemudian setiap siswa harus mendapat buku mata pelajaran dipinjamkan oleh guru ke siswa, sehingga mereka bisa belajar di rumah," terang Petrus Kusnadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (7/7/2020).

Maka Kusnadi mengharapkan, bagi daerah yang sinyal tidak bagus, memang harus mengerahkan segenap potensi, agar belajar tetap dilaksanakan, sehingga sistem pendidikan tetap berjalan, walau situasi tidak mendukung karena Covid-19.

"Walau tertatih pendidikan harus jalan sesuai kondisi yang ada. Karena memang dunia pendidikan saat ini sangat terdampak dengan adanya pandemi, jadi untuk sekarang sulit kita berbicara mengenai kualitas pendidikan, karena situasi yang belum memungkinkan," ujarnya.

Lebih lanjut Kusnadi menjelaskan bahwa pihaknya sudah merancang instruksi untuk satuan pendidikan yang merupakan wewenang daerah.

Bagi yang berada diwilayah sinyal telekomunikasi bagus menerapkan sistem dalam jaringan (daring). "Seperti SMPN 1 Putussibau sudah menerapkan daring," tambahnya.

Apabila tidak ada jaringan telekomunikasi, kata Kusnadi, pihak satuan pendidikan diarahkan untuk tetap mengupayakan para murid belajar dirumahnya.

Hal terpenting lainnya, kata Kusnadi, para guru dan orang tua harus saling komunikasi. Saat proses belajar dimulai, para guru harus ada ditempat tugas.

"Kita sudah ada penekanan agar guru tetap mengajar di lokasi tugas ketika proses belajar mengajar domulai nanti. Kita berharap Covid-19 cepat berlalu agar belajar mengajar bisa dilaksanakan," pungkas Kusnadi. (Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama