Kapolres Asahan Hadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

Keterangan Gambar : Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto saat menghadiri Rapat Persiapanj Pelaksanaan Pilkada Serentang Tahun 2020 di Aula Mawar, Kantor Bupati Asahan (Foto : Fais)


MenaraToday.Com - Asahan :

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto menghadiri rapat persiapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 yang digerlar di Aula Mawar, Kantor Bupati Asahan, Senin (13/7/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto menyebutkan, Kepolisian Resor Asahan siap memback up tahapan Pilkada dan tetap menjaga netralitas.

“Dalam hal ini Polres Asahan tetap menjunjung netralitas dan tidak ada berpihak dengan salah satu paslon Bupati dan Wakil Bupati. Disini saya juga meminta agar Ketua KPUD Asahan, Bawaslu agar dapat lebih meningkatkan koordiansi kepada Pemkab Asahan tentang Mutasi pejabat Pemkab Asahan,  serta meminta kepada KPU agar mengingatkan kepada ASN agar tetap netral dalam pilkada tahun ini. Selain itu juga kami dari Polres Asahan juga membutuhkan back up dari TNI dalam pelaksanaan setiap tahapan Pilkada” ujar AKBP Nugroho Dwi Karyanto dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Asahan Herry Naldo Tambunan dalam laporannya menyebutkan tujuan dari pelaksanaan rapat tersebut yakni untuk mengetahui perkembangan tahapan persiapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan pasca peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang program dan penjadwalan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. Dan untuk meningkatkan fungsi koordinasi dan kerjasama antar sektor dalam mempersiapkan penerapan protokol kesehatan covid-19 dalam upaya suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan.

Di kesempatan yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc berharap kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Asahan untuk bekerja dengan intensitas yang tinggi dan mulia sehingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Asahan dapat terlaksana dengan aman, adil, lancar dan demokratis.

Bupati juga berharap agar penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) cepat mengevaluasi permasalahan yang ada melalui kerjasama dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan (stakholder).

"Pemilihan Kepala Daerah yang akan kita laksanakan akan terlaksana dengan baik apabila kita menyatukan kesamaan gerak langkah dan mengsinkronisasikan persiapan Pemerintah Daerah, penyelenggara Pilkada maupun seluruh komponen yang terlibat," ujar Surya.

Bupati Asahan juga berharap agar KPU sebagai penyelenggara dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran dan penularan covid-19 dengan ketat. Agar tingkat partisipasi kehadiran masyarakat dalam menentukan hak pilih suara tidak mengalami penurunan dan KPU membuat suatu aturan tentang kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Asahan sehingga visi dan misi dapat disampaikan kepada masyarakat.

Selain itu untuk kelancaran suksesnya pelaksanaan Pilkada, Bupati minta kepada instansi terkait seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satpol PP, Disdukcapil, Dinas Kesehatan agar bersinergi dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Menutup sambutannya Bupati Asahan mengatakan tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Asahan yang menggunakan hak pilihnya pada pemilu Legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 sangat baik. Hal ini juga hendaklah kita tingkatkan lagi pada saat pemilihan Kepala Daerah, sehingga proses untuk memilih calon pemimpin Asahan 5 tahun yang akan datang secara langsung, umum, bebas, rahasia, damai bermartabat dapat terwujud.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Asahan Hidayat SP dan Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan Khomaidi Hambali Siambaton, SH, MH mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan pada sore hari ini, karena kami dapat melihat kesiapan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam menghadapi Pilkada pada tahun 2020 ini.

Selain itu mereka juga berharap agar Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dapat membantu proses pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di   Kabupaten Asahan nantinya, sehingga kondusifitas, keamanan dan kelancaran proses Pilkada dapat kita capai sesuai keinginan kita bersama.

Di waktu yang sama juga Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kajari Asahan dan Kapolres Asahan menyampaikan siap mendukung proses Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Asahan.

Pada rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Kajari Asahan,  Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua KPUD Asahan, Ketua Bawaslu Asahan, OPD dan tamu undangan lainnya. (Fs/Nunk)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama