-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Melalui Program Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UMM Berinovasi Di Tengah Pandemi Covid 19

Keterangan Gambar : Mahasiswa UMM saat melakukan program pengabdian masyarakat (Foto : Nur Jamat)


MenaraToday.Com - Kota Batu :

Mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan program pengabdian ke masyarakat Desa Pesanggrahan, Kota batu sembari membagikan masker dan minuman herbal di Musholla dan Masjid, Jumat (31/7/2020)

Keterangan gambar : Mahasiswa UMM berfoto bersama warga (Foto : Nur Jamat)


Program yang dilakukan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha ini, para mahasiwa turun membantu warga untuk melakukan penyembelihan dan membagikan hewan qurban. Bukan hanya sekedar ikut membantu, para mahasiswa juga melakukan beberapa kegiatan sebagai wujud bhakti mereka terhadap masyarakat, antara lain membagikan masker gratis kepada panitia penyembelihan hewan qurban dan masyarakat sekitar.

Pada kegiatan tersebut Mahasiwa membagikan 300 masker kepada masyarakat, selain itu mahasiswa UMM juga memberikan sosialisasi dan brosur kepada masyarakat tentang kebiasaan apa yang harus dilakukan dalam menghadapi Era New Normal. Dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan dan lebih meningkatkannya sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19 secara langsung.

“Bukan hanya membagikan masker, mahasiswa UMM juga berinovasi membuat racikan minuman herbal yang terdiri dari beberapa jenis rempah-rempah yang dikemas menjadi satu dalam sebuah plastik, kemudian dibagikan kepada masyarakat. Untu minuman herbal yang disebut “Wedang Meimun” dibagikan sebanyak 200 buah untuk masyarakat, Wedang ini memiliki beberapa khasiat antara lain dapat meningkatkan imun tubuh dan memperlancar peredaran darah, wedang ini terbuat dari bahan rempah-rempah seperti kayu secang, kayu manis, cengkeh, jahe, sereh dan kapulaga” ujar Arif, koordinator kegiatan tersebut.

Arif juga menuturkan bahwa proses produksi minuman herbal tersebut dilakukan sendiri oleh para mahasiswa dengan membutuhkan waktu selama 10 hari.

Proses yang dilakukan meliputi pemanenan secara langsung, penyortiran basah hingga pengemasan”, ujarnya.
Terpisah Abdul Manaf, Takmir Musholla setempat menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM ini sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini sangat membantu warga sekitar, warga menilai kegiatan yang dilakukan sangat positif sekali, terimakasih kepada mahasiswa pengabdian masyarakat dari UMM yang telah membantu masyarakat  dalam melaksanakan penyembelihan hewan qurban, pembagian masker dan minuman herbalnya sangat enak’. Dengan melakukan kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat terbantu dan merasakan manfaat dari kegiatan yang dilakukan mahasiswa, juga diharapkan dapat memutus mata rantai persebaran virus Covid-19 yang notabene di Jawa Timur telah mencapai jumlah perkembangan kasus yang luar biasa meningkat apabila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, tutur Abdul Manaf ketika diwawancarai di Mushola Sunan Kalijaga.. (Nur jamat)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !