Cegah Karhutla, Kapolda Kalsel Kerahkan Personil dan Peralatan



MenaraToday.Com - Kalsel :

Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan dengan sandi “Karhutla Intan 2020”.

Apel dalam rangka memaksimalkan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut berlangsung di Lapangan Polri Km.21, Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (3/8/2020) pukul 08.00 Wita.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. memimpin langsung pelaksanaan Apel yang dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., para Pejabat Utama Polda Kalsel diikuti para personil Polda Kalsel selaku peserta apel Ops Karhutla Intan 2020.

Kapolda Kalsel mengatakan dengan apel ini, diharapkan dapat menyatukan tekad agar saling bahu membahu dalam mengendalikan Karhutla di Provinsi Kalsel.

“Apel pagi ini merupakan bentuk tindakan dalam kesiapsiagaan kita dalam menanggulangi bencana Karhutla,” jelasnya.

Dikatakan Kapolda Kalsel, saat ini diseluruh dunia bahkan di Negara Indonesia masih menghadapi wabah Virus Corona atau Covid-19, dan memasuki musim kemarau saat ini sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di Provinsi Kalsel akan menghadapi bencana Karhutla yang merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam maupun ulah manusia, hal itu dapat mengakibatkan korban jiwa kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalsel mengungkapkan pihaknya siap bersinergi dengan semua elemen dalam mengantisipasi kebakaran hutan yang mungkin terjadi saat memasuki musim kemarau saat ini.

“Kami siap bersinergi dengan semua elemen dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kalsel. Kebakaran hutan dan lahan bila dicegah dan ditanggulangi bersama oleh semua elemen baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta peran seluruh stakeholder terkait kita yakin akan lebih mudah dan cepat tertanggulangi ” kata Kapolda Kalsel.

Kapolda Kalsel menegaskan, ratusan personil Polri beserta sarana dan prasarana ia kerahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lambung Mangkurat, jumlah tersebut pastinya akan bertambah lagi dengan adanya dukunhan dari personil TNI, Pemda dan Relawan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel. (Sofyan/Hms)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama