Kadisdik Batu Bara Sosialisasikan Penyusunan Laporan ARKAS Dana BOS Satuan Pendidikan 2020/2021

Keterangan Gambar : Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus saat mensosialisasikan Laporan ARKAS dana BOS Satuan Pendidikan 2020/2021 (Dwi)

MenaraToday.Com – Batu Bara :

Rencana kerja sekolah merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai yang berkaitan dengan kurun waktu tertentu yang tentunya berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai serta  perbaikan komponen serta mendukung peningkatan mutu lulusan tersebut termasuk ketersediaan sarana prasarananya.

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitrorus dihadapan Kepala UPTD SMP se Kabupaten Batu Bara pada Sosialisasi Penyusunan / Laporan ARKAS Dana BOS Satuan Pendidikan 2020/2021  Bersama Ketua MKKS SMP, Tobok Situmorang di UPTD SMPN 1 Talawi Kabupaten Batu Bara, Sabtu (26/09/20).

Menurut Kadisdik Sosialisasi ini harus mampu menggambarkan dan menjamin tujuan dan sasaran sekolah dapat tercapai dan menjamin keterkaitan antara perencanaan penganggaran pelaksanaan pelaporan dan pengawasan serta mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat serta menjamin penggunaan sumber daya sekolah yang ekonomis efisien efektif berkeadilan serta berkelanjutan.

“Untuk itu sekolah perlu menyusun perencanaan dan laporan ini agar memberi kontribusi terhadap perkembangan kualitas belajar mengajar yang berkesinambungan melalui proses perencanaan evaluasi dan review dan mengidentifikasi secara tepat apa yang harus dicapai serta dapat memberikan gambaran tentang siapa apa Kapan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Ujar Kadisdik.

Lebih lanjut mantan Kepala Biro Humas Protokol Provsu ini  mengatakan bahwa pembentukan tim penyusun ARKAS, pembekalan dan orientasi bagi tim penyusun ARKAS  maupun RKAS perlu dilakukan mulai dari diskusi - diskusi lalu pendahuluan seperti apa, kondisi sekolah bagaimana dan program indikatornya serta  indikator kinerja nya juga bagaimana lalu bentuk kegiatannya seperti apa dan lain sebagainya

Apakah perlu diketahui atau persetujuan orangtua peserta didik ? Tentu sangat perlu mendiskusikan semua ini apalagi mengingat keterbatasa anggaran sekolah kita. Kesemua itu  perlu disosialisasikan kepada kepentingan pemangku kepentingan termasuk orang tua siswa karena semua ituakan  menghasilkan rencana kerja sekolah sehingga dalam penyusunan anggaran kas maupun rencana kerja sekolah adalah kejujuran dalam penyampaian atau penyajian data sebut Ncekli sapaan akrab lyas.

Ketika disinggung masih adanya sekelompok yang terus mengkoreksi Dinas Pendidikan, Ilyas menjawabnya malah di dalam pertemuan dan mengulang pertanyaan awak media tadi dan mengatakan kepada kawan-kawanku Kepala UPTD SMP dan Jajarannya kerja saja dengan baik sesuai tupoksi kita, biarkan orang lain yang menilainya.

Memang dua atau tiga orang selalu menyalahkan kita walaupun ada ribuan yang mendukung program kita.  Oleh karenanya kita bekerja saja sesuai tugas dan fungsi kita, bantu anak-anak didik kita dengan baik, perhatian kawan-kawan kerja kita disekolah ada guru, ada tenaga kependidikan/TU, serta jaga hubungan baik dengan orangtua siswa kita dan ingat jumlah kita banyak, saya yakin dan percaya kawan-kawan saya bapak ibu Insya Allah masih tetap satu barisan di bawah Tutwuri Handayani di bawah Pemkab Batu Bara, kita ( tenaga pendidik/guru dan tenaga  kependidikan/TU ) ada dimana-mana, mulai dari pelosok desa sampai di tengah kota kecamatan maupun ditengah ibu kota kabupaten Batu Bara kita ini, kita ada dimana- mana.  Makanya saya berharap selaku yang dituakan tetap jaga kekompakan, tetap bekerja dengan hati, sayangi anak didik kita terutama disaat pandemik ini, mari kita bantu pembelajaran daring anak-anak kita manfaankan dana bos dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa kartu kouto internet gratis bantuan kemdikbud pastikan operator sekolah kita mendaftarkan kartu perdana tersebut ke Dapodik melalui *444*NIK*KK# pesan Ilyas.

Sebelum mengakhiri bimbingannya, Ilyas berpesan terkait pemanfaatan bantuan Kemdikbud, Kartu Internet gratis, agar sekolah terus menyampaikan layanan belajar yang dapat di akses anak-anak kita dalam membantu pembelajaran daring seperti aplikasi dan website Aminin, Aplikasi dan website Ayoblajar, Aplikasi dan website Bahaso, Aplikasi dan website Birru, Aplikasi dan website Cakap, Aplikasi dan website Duolingo, Aplikasi dan website Edmodo, Aplikasi dan website Eduka system, Aplikasi dan website Ganeca digital, Aplikasi dan website Google Classroom, Aplikasi dan website Kipin School 4.0, Aplikasi dan website Microsoft Education, Aplikasi dan website Quipper, Aplikasi dan website Ruang Guru, Aplikasi dan website Rumah Belajar, Aplikasi dan website Sekolahmu, Aplikasi dan website Udemy, Aplikasi dan website Zenius dan Aplikasi WhatsApp.

Informasikan ke Orang tua siswa kita agar dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring tersebut untuk  dimanfaatkan dalam pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19 juga bisa di dapat dengan memanfaatkan bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud ini," ujarnya

Sementara itu Ketua MKKS SMP Kabupaten Batu Bara, Tobok Situmorang mengucapkan Terimakasih atas hadirnya kadisdik

“Beliau rela tidak bersama keluarga di hari libur begini tetapi memilih bersama kita untuk mendiskusikan pendidikan di Batu Bara khususnya SMP yang kita kelola saat ini. Dan ini bukan yang pertama beliau lakukan, sudah beberapa kali kita melakukan pertemuan dan diujung Nibung Hanguspun beliau selalu bersama kita. Itu menunjukkan beliau selain tetap bersama kita beliau juga menyayangi kita semua. Terimakasih kami Pak Kadis sekali lagi, kami do'akan Bapak beserta keluarga tetap sehat selalu diberi Tuhan Kemudahan dalam memimpin kami di bawah naungan Dinas Pendidikan. Kami senang Bapak kembali memotivasi kami dengan tetap mengajak untuk bersama dan kompak dalam bekerja maupun dalam membantu anak-anak dalam pembelajaran apalagi dimasa pandemik ini kita umumnya belajar secara daring termasuk selalu menekankan untuk memanfaatkan dana BOS untuk keperluan mendukung pembelajaran daring, papar Tobok mengahiri sambutannya yang disambut riuh dengan tepuk tangan peserta yang hadir.

Hadir bersama Kadisdik Ilyas Sitorus, Kabid Dikdas Irwansyah, serta staf dikdas, Ketua MKKS Smp Tobok Situmorang dan semua Kepala UPTD SMP Negeri/Swasta, operator bersama bendahara sekolah serta Media Cetak dan Elektronik. (Dwi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama