-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Memberdayakan Masyarakat Dalam Menanam Jenis Sayuran Gunakan Pipa Air



MenaraToday.Com - Malang :

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata ) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Kelompok 43 Desa Kebonagung  Dusun Sonotengah  Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang ikut berpatisipasi membantu warga dalam membangun ketahanan pangan di tengah menghadapi covid -19 yang saat ini melanda di tengah masyarakat.

Salah satu program kerja yang sesuai dengan tema KKN tahun ini adalah  “ Meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi wabah covid -19’’ Mahasiswa  KKN Unikama  membudidayakan berbagai macam tanaman sayur-sayuran di pipa.Tujuan dari kegiatan ini, yaitu agar Meningkatkan minat warga untuk bercocok tanam dan meningkatkan kesejateraan masyarakat di Dusun Sonotengah  ditengah maraknya wabah Covid – 19 saat ini.

Penanaman Bibit merupakan salah satu kegiatan yang dibuat untuk meningkatkan minat warga untuk bercocok tanam. Penanaman Bibit ini dimulai dari pencarian bibit, pipa dan pembuatan rak di posko. Penanaman Bibit tersebut bukan hanya meningkatkan minat untuk bercocok tanam tapi dengan adanya Penanaman Bibit masyarakat sadar akan penting dan banyak memberikan manfaat dari hasil tanaman itu sendiri ditengah kondisi dan situasi  karena Covid -19 saat ini, yang bertujuan agar masyarakat khususnya di dusun Sonotengah tetap bisa produktif di rumah, selain itu juga dengan adanya penghasilan pangan yang berupa sayur-sayuran warga masyarakat setempat bisa mengurangi aktifitas ditempat keramaian seperti pasar untuk berbelanja. Adapun alat dan bahan yang kami sediakan dalam melakukan penanaman yaitu ; bibit cabe, kangkung, selada dan sawi, media yang digunakan dalam proses penanaman ini adalah pipa dan polybag.

Dengan adanya wabah Covid – 19 saat ini yang melanda segelintir negara di dunia secara tidak langsung telah memberikan dampak yang cukup besar bagi aspek kehidupan di tengah masyarakat. Mulai dari lingkungan, ekonomi dan sosial. Kegiatan yang di  lakukan ditempat KKN merupakan perwujudan dari Tri Dhrama perguruan  Tinggi , yaitu pengapdian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid – 19 . Setelah melakukan observasi maka kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Unikama kelompok 43 yaitu penanaman sayur di Pipa. Adapun kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan yaitu Penyemprotan Disinfektan di tempat Umum, Mengadakan Kerja Bakti, Pembagian Masker, Mengadakan Sosialisasi pentingnya Pencegahan Penyebaran wabah covid-19 dan pembagian fasilitas cuci tangan (Kaleng, Handsanitizer, dan Handsoap).

“ Kami mengharapakan melalui program yang suda  kami lakukan di Dusun Sonotengah semoga dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat ditengah situasi  dan kondisi saat ini.dan juga dengan adanya program penanaman sayur  di pipa masyarakat bisa memanfatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam agar ditengah pandemi saat ini masyarakat tetap produktif dirumah’’. (Mlj)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !