PSBB Diperpanjang, Mahasiswa Farmasi dan Ilmi Komunikasi UMM Edukasi Masyarakat dengan Animasi



MenaraToday.Com - Malang :

Melalui program pegabdian masyarakat, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Farmasi dan Ilmu Komunikasi bekerja sama untuk membuat konten video berupa animasi grafis guna mengedukasi masyarakat ditengah maraknya virus Covid-19 yang berhasil membuat beberapa kota di Indonesia Kembali diperketat dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Program pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa yang diselenggarakan oleh DPPM Universitas Muhammadiyah Malang. Kelompok bimbingan dari ibu  Rini Pebri Utari, S.Pd.,MT. ini berhasil membuat sebuah video animasi guna mengedukasi masyarakat kota Malang dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku Hidup bersih dan Sehat ini dipercaya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19.

Konsep dari video animasi edukasi ini adalah menunjukan kegiatan yang merupakan pola hidup bersih dan sehat seperti tidur cukup, bangun pagi, olahraga, mengonsumsi multivitamin, makan makanan bergizi, dan menjaga kebersihan seperti mencuci tangan yang baik dan benar. Video animasi edukasi ini ditargetkan kepada Masyarakat Malang melalui pendekatan adanya tempat-tempat dimalang yang di masukan kedalam animasi.


Dengan video animasi ini diharapkan warganet khususnya masyarakat Malang, menonton dan membagikan video edukasi ini agar masyarakat tersadarkan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat apalagi ditengah masa-masa pandemic seperti ini.
Setelah video ini di Upload ke media Sosial Instagram kelompok pengabdian masyarakat @pmm_umm97 berbagai respon positif ditunjukan oleh warganet.

Mereka menganggap video ini sangat informatif dan positif sekali ditambah visual dari animasinya yang cukup menarik sehingga tidak bosan untuk menonton.

@dewiiwah : “Lucuuu, jadi gak bosen nonton sampe abiss”
@cholisazz : “bagus banget animasinya, sangat informatif”
@divanti.na : “bagus dan informatif, paket komplit”
@levvysandy_ : “bagus dan inovatif sekali videonya”
@chun_mjk : “ikan hiu makan tomat. Bagus banget tomat.”


Dengan adanya animasi edukasi ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat akan pentingnya hidup sehat serta berkontribusi langsung dalam pemutusan mata rantai penyebaran Virus Covid-19. Pembuatan konten Animasi edukasi oleh kelompok pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang.

Koordinator kelompok 97 Gelombang 8, Zharifah mengatakan, bahwa kelompok kami tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatan lainnya untuk membantu memutuskan penyebaran virus Covid-19.

"Ini merupakan langkah awal bagi kelompok kami untuk membantu masyarakat, dan masih ada program kegiatan selanjutnya. Serta tidak lupa juga diucapkan terimakasih oleh kelompok pengabdian masyarakat ini kepada masyarakat yang sudah menonton dan mengikuti Perilaku Hidup bersih dan Sehat," tukas Zharifah. (Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama