Seorang Petugas Medis Terpapar Covid 19, Ini Penjelasan Humas GTPP Kabupaten Nias

Foto : Illustrasi 

Menaratoday.com - Nias

Seorang petugas medis berinisial FN (32) warga Desa Dahadano Botombawo, Kecamatan Hiliserangkai, yang profesi pegawai UPTD RSUD Gunungsitoli terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Swab Tes Cepat Molekuler  (TCM), Kamis (10/9/2020).

Hal tersebut di sampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Nias yang juga sebagai kordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase.

"Dengan bertambahnya satu orang yang positif pertanggal 10 September kemarin maka secara kumulatif jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Nias menjadi 8  orang," jelas Dahlanroso Lase.

GTPP masih menelusuri riwayat dimana yang bersangkutan terpapar dan akan melaksanakan tracking kontak erat dengan pasien C008 tersebut yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Botombawo pada waktu yang akan ditentukan dan diumumkan kemudian.

Hingga saat ini pegawai/tenaga kesehatan di RSUD Gunungsitoli yang telah terpapar Covid-19 bertambah lagi 4 orang sehingga seluruhnya 27 orang, terdiri dari 1 orang dokter spesialis, 3 orang dokter umum, perawat/bidan 17 orang, analis 1 orang, dan manajemen 5 orang. Selain dari cluster Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pasar Ya'ahowu, sebagian besar terpapar dari pasien umum yang dirawat dan tidak jujur memberikan informasi terkait gejala dan riwayat perjalanan atau hasil rapid tes yang reaktif.

Untuk memutus mata rantai penularan dan mengurangi beban tenaga kesehatan, maka pelayanan poliklinik dan fisioterapi di RSUD Gunungsitoli tidak melayani pasien sampai tanggal 16 September 2020, sementara pelayanan lainnya yang bersifat emergency tetap berjalan seperti biasa.

GTPP menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias agar  senantiasa menerapkan protokol kesehatan, yaitu wajib pakai masker, cuci tangan, selalu jaga jarak dan hindari kerumunan (di tempat pesta, pekan-pekan) serta jaga kesehatan dan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat yg cukup dan olahraga secara teratur. Mari bersatu melawan Covid-19. (Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama