-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

Termotivasi dari KSJ dan KMB, Penjahit Pakaian di Mangkai Lama Lahirkan Komunitas WIB

Keterangan Gambar : Pengurus dan anggota Komunitas Warga Ikhlas Berbagi (WIB) Desa Mangkai Lama, Batu Bara (Foto : Dwi)

MenaraToday.Com - Batu Bara :

Kehadiran KSJ (Komunitas Sedekah Jumat) di Batu Bara memang benar-benar membawa pengaruh positif bagi masyarakat. Pasalnya selain banyaknya masyarakat yang terbantu dengan sedekah disetiap hari jumat, ternyata mulai banyak pula komunitas-komunitas yang bersifat sosial bermunculan.

Seperti halnya komunitas WIB (Warga Ikhlas Berbagi) yang berada di Desa Mangkai Lama, Kec. Lima Puluh, Kab. Batu Bara, merupakan suatu komunitas yang mulai berdiri pada tanggal 29 Mei 2020 kemarin.

Uniknya komunitas ini lahir bukan dari kalangan pejabat, namun real dari tengah-tengah masyarakat. Pendirinya merupakan hanya seorang penjahit pakaian. Namun profesinya tersebut tidak menghalangi dirinya untuk menciptakan suatu wadah dalam berbagi.

Belakangan diketahui nama pendiri komunitas tersebut adalah Anto. Pria yang akrab disapa Anto TJ tersebut merupakan warga Desa Mangkai Lama, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara.

Komunitas yang didirikannya tersebut pun hingga kini terlihat berjalan mulus, bahkan semakin banyak para donatur yang menyumbangkan harta-harta mereka melalui WIB.

Wajar saja kalau donatur berlomba untuk bersedekah melalui komunitas WIB tersebut, sebab selain jelas amanah yang disampaikan, WIB juga jelas menerangkan secara terperinci uang yang masuk dan uang keluarnya. Biasanya WIB selalu mengumumkan hasil dana keluar masuk mereka tersebut melalui media Facebook dengan akun "Warga Ikhlas Berbagi".

Saat disambangi Wartawan kerumahnya, Anto pun menceritakan sejarah berdirinya WIB tersebut.

"Saya membentuk komunitas ini karena termotivasi dari KSJ dan KMB. Awalnya kemarin saya hanya mendengar sekilas tentang KSJ, merupakan suatu komunitas yang rutin sedekah disetiap Jumatnya, kemudian setelah KSJ berdiri muncul pula KMB suatu komunitas yang berada tepat di sebelah Desa kami, yaitu di Desa Mangkai Baru. Saya perhatikan terus, ternyata KMB rutin juga bersedekah setiap jumatnya, dan Masyarakat pun banyak yang terbantu melalui KMB. Jadi kemarin itu saya berpikirnya singkat saja, melihat 2 komunitas itu rutin sedekah setiap jumat, jadi saya coba iseng-iseng untuk sedekah pada hari jumat. Ternyata benar saya merasakan rezeki saya bertambah drastis. Jadi dengan saya sedekah tadi, hati saya merasa tenang karena telah membantu warga dan disisi lain saya juga merasa senang karena bertambahnya orderan-orderan atau rezeki yang saya terima. Maka dari situlah muncul niat saya untuk mengajak orang banyak agar bersedekah. Sehingga dapat sama-sama merasakan manfaatnya.

Hingga akhirnya langsung saya temuilah pendiri KMB yaitu Kepala Desa Mangkai Baru Ibu Sugiyanti, dengan harapan untuk belajar agar mengetahui cara kerja KMB. Dari situlah saya mulai diajari oleh beliau, dan Alhamdulillah akhirnya komunitas kami juga bisa berdiri sampai sekarang ini," jelasnya.

Anto juga menambahkan bahwa Komunitasnya tersebut tidak menghalangi siapa saja yang ingin bersedekah.

"Jadi kami menerima itu tidak hanya dari dalam Desa ini saja, dari luar daerah pun tetap kami tampung, namun sedekah mereka tersebut akan kami salurkan tetap di Desa Mangkai Lama," ujarnya.

Terpisah, bagi siapa yang ingin bersedekah melalui komunitas WIB dapat menghubungi ke nomor Ketua Komunitas WIB Anto TJ 081361446628. (Dwi)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !