Upayakan Pilkada Damai, Kapolres Bersama KPU dan Bawaslu Dharmasraya Sambangi Posko Pemenangan Bapaslon.

Keterangan gambar : : Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah bersama TNI,  KPU dan Bawaslu saat menyerahkan lampiran maklumat Kapolri  kepada salah seorang Calon Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Foto : Gus)

MenaraToday.Com – Dharmasraya :

Menjelang memasuki tahapan kampanye pilkada serentak 2020 pada 26 September 2020, dan salah satu upaya mewujudkan Pilkada yang berlangsung damai dan kondusif, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatra Barat bersama KPU dan Bawaslu sambangi Posko Pemenangan para bakal pasangan calon (Bapaslon) dalam rangka menyerahkan maklumat Kapolri terkait tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Rabu (23/9/2020).

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, kepada seluruh jajaran untuk melakukan kegiatan sambang kamtibmas, sebagai bentuk upaya preemtif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung," Ungkap Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK MT melalui Kabag Ops, Kompol Rifa'i kepada awak media di halaman Kantor KPU Dharmasraya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Kapolres beserta jajaran didampingi seluruh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Dharmasraya melakukan dialog berisi ajakan-ajakan kepada seluruh bapaslon beserta tim pemenangan, bisa berperan aktif menjaga suasana yang aman, damai dan nyaman selama mengikuti setiap tahapan yang ada.

Selain itu, pihaknya juga akan menyosialisasikan kewajiban melaksanakan kampanye dengan menerapkan standar protokol kesehatan, sebagaimana dituangkan dalam maklumat Kapolri serta PKPU nomor 6 tahun 2020 dan PKPU nomor 10  tahun 2020 yang menjadi acuan penerapan standar protokol kesehatan pada pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19.

"Dalam regulasi tersebut, tegas dinyatakan tentang kewajiban melaksanakan kampanye dalam jumlah terbatas dan tidak boleh memicu kerumunan, dilarang melakukan konvoi, wajib memastikan seluruh peserta kampanye menggunakan masker dengan benar dan harus menyediakan perlengkapan cuci tangan dan hand sanitizer serta perlengkapan lain sesuai yang digariskan," jelasnya

Sebelumnya, lanjutnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis telah mengeluarkan maklumat tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Senin 21 September 2020. Maklumat tersebut adalah terkait penegasan pengaturan pelaksanaan pilkada agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Dalam maklumat disebutkan protokol kesehatan sangat penting dijaga dengan baik. Tujuannya adalah dalam memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilih dan seluruh pihak yang terkait.

"Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat tersebut, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai peraturan perundangan yang berlaku," tegasnya

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Bapaslon Sutan Riska Tuanku Kerajaan - Dasril Panin Dt Labuan, ST Budi Sanjaya, menegaskan tekad untuk mengikuti seluruh imbauan dan aturan terkait pelaksanaan pilkada serentak 2020.

"Sebagaimana petunjuk yang kami terima dari pihak KPU Dharmasraya, terkait pelaksanaan prosesi pengundian nomor urut besok, Kamis (24/9/2020), kami juga hanya mengutus sebanyak sembilan orang yang terdiri dari Pasangan calon, Liaisson Officers dan satu orang pimpinan partai-partai pengusung," jelasnya.

Terkait antisipasi terjadinya potensi kerumunan massa dari unsur masyarakat yang ingin turut menyaksikan prosesi pengambilan nomor urut itu, Budi Sanjaya mengungkapkan sudah mendistribusikan kepada seluruh partai pengusung dan pendukung serta tim relawan agar tidak turut menghadiri prosesi itu dan tetap berkumpul di masing-masing posko dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

"Seluruh posko simpatisan dan relawan sudah kami minta dilengkapi dengan peralatan cuci tangan, membagikan masker dan tetap tidak berkegiatan yang memicu kerumunan massa," tegasnya

Sementara itu, Bacalon Wakil Bupati, Yosrisal saat dihubunginawak media menyebutkan, pihaknya bakal patuh terhadap regulasi yang telah ditetapkan, terutama dalam proses Pilkada serentak 2020 berlangsung.

"Sebagai warga negara kita wajib taat terhadap regulasi," sebutnya

Ia juga berharap pihak penyelenggara seperti KPU, Bawaslu dan pihak keamanan berlaku adil dalam menegakkan aturan yang dimaksud, tidak ada tebang pilih atau anak tiri dan anak kandung.

Terpisah, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Adriadi menyebutkan pihaknya ikut mendampingi jajaran Polres Dharmasraya guna menyosialisasikan maklumat polri terkait protokol kesehatan bagi di posko para bapaslon.

"Kita juga menyampaikan kepada bapaslon tentang pengundian nomor urut bagi bapaslon sekaligus penandatanganan fakta integritas kepatuhan terhadap protokol covid19 yang akan dilaksanakan pada Kamis (24/9)," ujarnya (Gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama