JR Saragih Berterimakasih Pada Presiden RI Jokowi Dodo Bagi Sertifikat Tanah Gratis Untuk Warga Simalungun

Menaratoday.com, Simalungun:

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM mengapresiasi pemberian sertifikat tanah gratis kepada warganya oleh Presiden Joko Widodo, yang dilakukan secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Kepada masyarakat di acara pemberian sertifikat tanah gratis secara virtual kepada masyarakat di Kabupaten Simalungun yang digelar di balai desa Dolok Kahean, Bupati mengatakan, sertifikat gratis yang diberikan Presiden Joko Widodo melalui Kementrian Agraria dan Tata Ruang, sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun perekonomian masyarakat.

"Saya mengapresiasi penyerahan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Kabupaten Simalungun, karena sangat membantu pemerintah daerah dalam pembangunan perekonomian masyarakat," ujar Bupati.

Bupati berharap sesuai pesan Presiden Joko Widodo, masyarakat memanfaatkan sertifikat tanah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya karena bisa dimanfaatkan sebagai jaminan meminjam modal usaha ke bank.

"Sesuai pesan Presiden Joko Widodo, sertifikat tanah yang dijaminkan ke bank benar-benar dijadikan modal usaha bukan membeli keperluan lainnya seperti  sepedamotor atau perhiasan," sebut Bupati.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyerahkan secara virtual 20.087 sertifikat tanah gratis kepada masyarakat di provinsi Sumatera Utara. Menurut Presiden Joko Widodo  melalui pidato yang disampaikan secara video conference dari Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan telah memiliki sertifikat tanah, kepastian hukum atas tanah yang dimiliki sudah jelas dan dapat dijadikan sebagai modal usaha.

"Sertifikat yang diterima agar dijaga dengan sebaik-baiknya, jangan sampai hilang karena sertipikat ini bisa dijadikan jaminan minjam modal usaha ke bank. Gunakanlah sertipikat ini untuk keperluan yang produktif," ujar Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Simalungun Naslahuddin menjelaskan bahwa di tahun 2020 ini Kabupaten Simalungun mendapat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) sebanyak 2850 sertipikat, dimana program ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Sekarang yang kita serahkan secara simbolik sebanyak 30 sertifikat. Silah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,”ujarnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun, Danrem 022/PT, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0207 Simalungun, mewakili Ketua PN Simalungun, mewakili Kajari, sejumlah pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun, Camat Tapian Dolok dan para pengulu/lurah serta undangan lainnya. (R04)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama