Ratusan Warga Sibau Hilir Kembali Gelar Aksi, Sasaran Kejari dan Pengadilan Negeri Putussibau


Keterangan Foto : Suasana /// Salah satu warga perwakilan dari keluarga melakukan ritual adat istiadat Dayak sebelumn memasuki Kantor Pengadilan Negeri (PN).
Kamis, (01/10/2020) _____Foto (Istimewa)

MenaraToday. Com - Kapuas Hulu

Warga dari Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara kembali menggelar aksi menuntut keadilan pembebasan 3 warga yang ditahan karena dugaan kasus pemalsuan sertipikat tanah yang saat ini tahap persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Putussibau, Kamis (1/10)

Warga datang awalnya ke kantor PN, kemudian menuju kantor kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas Hulu, kendati dijaga ketat, seratusan warga mendobrak masuk kantor Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu.

Keterangan Foto : Suasana/// warga saat orasi di depan Kantor Pengadilan Negeri Putussibau.
Kamis, (1/10/2020)_______Foto (Bayu)

Warga tersebut sebagian menggunakan atribut adat, membawa senjata tajam berupa parang dan tombak. Kendati demikian situasi masih dapat dikendalikan pihak Polres Kapuas Hulu, aksipun berjalan tertib. 

Warga yang datang tersebut merupakan keluarga dari pihak terdakwa, yang sedang menghadapi proses persidangan di Pengadilan Negeri Putussibau, terkait perkara pemalsuan sertifikat tanah. 

Keterangan Foto : Suasana /// Warga saat berorasi menyampaikan aspirasi di depan kantor Pengadilan Negeri Putussibau
Kamis, (01/10/2020)________Foto (Bayu)

Salah satu perwakilan warga, Lamun menjelaskan dirinya telah bertemu langsung dengan pihak Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu. "Hari ini tidak ada tuntutan, ini yang dijelaskan Kejari," ujar Lamun.

Lamun menegaskan pihaknya bakal bertemu perwakilan hakim di Pengadilan Negeri Putussibau. Selain itu, untuk melakukan ritual adat tabur beras kuning. "Kami akan tabur beras kuning di pengadilan," ujarnya. 

Lamun menyatakan pihaknya akan terus memperjuangkan pembebasan warga yang menjadi terdakwa dalam persidangan di PN Putussibau.

"Jangan yang tidak salah ditahan," tuntasnya.

Keterangan Foto : Suasana /// Warga mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Putussibau
Kamis, (1/10/2020)______Foto : (Bayu)

Selain di Kejari Kapuas Hulu, warga juga mendatangi PN Putussibau. Warga tidak merangsak masuk PN, hanya berada di luar bangunan, sementara beberapa perwakilan bertemu dengan perwakilan hakim. 

Usai pertemuan dengan hakim, warga langsung bubar dengan tertib. Seluruh rangkaian aksi dikawal ketat aparat Kepolisian.

Hingga pukul 11.50 WIB siang, warga membubarkan diri sambil menunggu keputusan berikutnya, karena sidang pembacaan tuntutan batal di gelar. (Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama