Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

FKUB Ajak Toga dan Tomas Mantapkan Harmonisasi dan Menjaga NKRI


MenaraToday.Com – Malang :

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang mengajak para Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) dari berbagai elemen organisasi untuk ikut serta menjaga keutuhan NKRI dan memantapkan harmonisasi kehidupan beragama, berbangsa, bernegara di Kabupaten Malang.

Ajakan FKUB tersebut diwujudkan dalam bentuk Talkshow yang dilaksanakan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jl. K.H. Agus Salim No. 7 Malang, Kamis (26/11/2020) kemarin.

" Semua Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Lintas Agama Se- Kabupaten Malang bisa berkontribusi dalam menyukseskan Pilkada aman damai yg akan dihelat pada 9 Desember 2020 ", pesan Pjs. Bupati Malang Drs. KH. Sjaichul Ghulam, MM pada saat memberikan sambutan dan membuka acara tersebut.

Abi nama sapaan akrabnya Pjs. Bupati, juga mengatakan, "bahwa pondasi keberagamaan telah ada sejak sediakala, ini harus kita jaga bersama terutama konstribusi tokoh lintas agama dalam menjaga harmonisasi intern dan antar umat beragama sangat diharapkan di Kabupaten Malang ", harapnya.

Ketua FKUB Kab.Malang, H.SholeH Arifin, M.Pd. dalam sambutannya, mnyatakan, " bahwa berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan dengan semangat keberagamaan selama setahun ini, dengan menggelar berbagai macam sosialisasi  tentang pentingnya hidup damai, berdampingan antar umat beragama yg harus dijaga bersama, terutama kewajiban masing-masing tokoh agama mempunyai peran yg sangat signifikan. Juga menggencarkan sosialisasi PMB Kemendagri dan Kemenag No.8 dan 9 tentang Pendirian Rumah Ibadah ", kata Soleh.

Disamping kegiatan tersebut juga berbagai dialog antar pemuda lintas agama telah dilakukan se-Kabupaten Malang, dengan Penguatan Ideologi Pancasila, Kegiatan pembinaan umat muslim, nasrani, Hindu, Budha juga diintenskan. Sehingga setiap bulan rata-rata terdapat 2 sampai 3 kegiatan dengan roadshow ke daerah-daerah, imbuhnya.

Kegiatan kali ini agak tampil berbeda, karena menggunakan model talkshow dengan moderator dari pengurus FKUB Tri Waluyo. Dengan mengatur 2 narasumber yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat malang raya, yaitu Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Bisri, MSi dan Kurniawan Muhammad, M.IP..

Mohammad Bisri menyampaikan materi tentang " Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia Dengan Kebersamaan dan Harmonisasi Umat Berlandaskan Keikhlasan dan Kejujuran ". Sedangkan tema " Meneguhkan Komitmen Toga, Tomas dalam Menjaga NKRI dan Memantapkan Harmonisasi Kehidupan Beragama, Berbangsa, dan Bernegara di Kabupaten Malang ", dibawakan oleh Kurniawan Muhammad.

Dalam acara ini dihadiri oleh Pjs. Bupati Malang,  seluruh Forkompinda Kab. Malang, Polres Malang, Kodim 0818 Malang, Kajari Kab. Malang, Ka Pengadilan Negeri Kepanjen, beberapa OPD Kab. Malang, Sekda Kab. Malang,

Bakesbagpol Kab.Malang, Bintal Kab. Malang, Plt.  Asisten Adminstrasi Pembangunan, Kadis PMD. Juga hadir komisioner KPU dan Bawaslu Kab. Malang.

Hadir pula perwakilan Toga Tomas Se-Kab. Malang 55 orng, Pengurus FKUB Kab. Malang 17 orang, serta beberapa tamu undangan. (Sofyan)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !