Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Terkait Dugaan Mall Praktek Manteri Agung Grovidoni, Ini Tanggapan Pihak Dinas Kesehatan Tulangbawang

MenaraToday.Com - Tulangbawang :

Setelah resmi dilaporkan ke Polres Mesuji atas dugaan Mall Praktek yang dilakukan Manteri Agung Grovidoni terhadap pasiennya Darsani sehingga menderita stroke, MenaraToday melakukan konfirmasi kepihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang yang diterima Kapala Bidang Dinas Kesehatan, Ali Yansyah Rabu (2/12/2020) kemarin.

Mendapatkan kabar tersebut, Ali Yansyah merasa terkejut, sebab menurut Ali sebelum memberikan obat, seharusnya si Manteri harus mendapatkan rekomendasi dari dokter atau pimpinannya.

“Lho, seharunya dia (Manteri-Red) meminta rekomendasi dari dokter atau pimpinannya sebelum memberikan obat kepada pasien. Sebab tanpa ada rekomendasi dokter, jelas menyalahi aturan” ujar Ali Yansah saat ditemui diruang kerjanya.

Ali Yansyah juga menambahkan bahwa izin operasional  klinik tempat Agung Grovidoni harus mendapatkan izin Lingkungan dari warga setempat.

“Memang pada tahun 2015 yang lalu, dia pernah menghadap saya dan meminta tolong dibuatkan izin operasional klinik untuk waktunya saya lupa, jika terkait dengan waktu izin yang diberikan kepada pemilik klinik hanya berlaku selama 5 tahun dan nanti kita check apakan izin praktek nya masih berlaku atau tidak, soalnya pembuatan izin operasional klinik tersebut saya masih di Lingkungan Hidup dan saat itu dia pernah mengurus izin ke saya” ujarnya

Kabid ini pun menyebutkan mengenai materi maupun perawat klinik yang ingin memberikan obat ke pasien melalui suntikan harus mendapatkan rekomendasi dari dokter, karena jika tidak mentaati aturan maka sudah pasti melanggar aturan dan kode etik kedokteran.

“Di saat ini, Dinas Kesehatan hanya mengeluarkan rekomendasi saja, untuk izin operasional klinik yang mengeluarkan pihak Dinas satu pintu” terangnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Mesuji, Kasno saat ditemui dan dikonfirmasi meminta agar Manter Agung Grovidoni dapat menemui pihak keluarga dan menyelesaikan permasalahan ini baik-baik.

“Saya berharap kepada Agung Grovidoni, bisa berperan aktif secara kekeluarga dengan pihak keluarga Darsani. Karena sejauh ini, nampak terlihat pihak Agung Grovidoni kurang aktif dengan pihak korban. Kami yakin yang namanya manusia, tidak ada yang sempurna, pasti banyak hilafnya, Apalagi, masalah ini tidak kita inginkan, ini terjadi karena kurang berhati – hati dan teliti, itu akan menjadi tanggung jawab kita yang melakukannya,”ungkap Kasno, kepada wartawan saat dikonfirmasi, di ruang kerjanya.

 

Kasno juga menyebutkan sebagai Ketua PPNI dirinya hanya dapat memberikan pembinaan dan masukan kepada para peawat.

“Kami berharap kepada Agung Grovidoni agar menemui keluarga Darsani, duduk bersama dan menyelesaikan hal ini dengan cara kekeluargaan, “katanya menyarankan. (Hel/Team)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !