Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Komisi III DPR RI Setujui Listyo Sigit Jadi Kapolri


 MenaraToday.Com - Jakarta :

Seluruh fraksi di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki purna tugas.

Persetujuan itu disampaikan oleh seluruh fraksi di Komisi III DPR usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan, Rabu (20/1/2021).

Ketua Komisi III DPR Herman Herry menyatakan, seluruh fraksi di Komisi III sudah menyetujui secara mufakat Listyo untuk menjadi orang nomor satu di kepolisian.

"Menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan diproses sesuai aturan perundang-undangan," kata Herman.

Dalam kesempatan yang sama, Politikus PDIP itu mengatakan Komisi III juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri.

Menurutnya, keputusan Komisi III akan dibahas dengan seluruh pimpinan DPR sore ini. Rencananya, keputusan tersebut akan dibawa untuk disahkan dalam Rapat Paripurna DPR yang digelar dalam waktu dekat.

Dalam proses uji kelayakan dan kepatutan, Listyo menyatakan dirinya akan mengusung konsep 'Transformasi Polri yang Presisi'.

Presisi dalam konsep tersebut merupakan akronim dari Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan.

Menurutnya, konsep ini merupakan kelanjutan dari konsep Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang telah diusung sejak era kepemimpinan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Tidak hanya itu, pria yang pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden Joko Widodo tersebut juga akan menuntaskan kasus yang menjadi perhatian publik di 100 hari pertama menjadi Kapolri nanti.

"Seratus hari ke depan tentunya kami sudah menyiapkan program-program yang langsung tentunya bisa kami laksanakan, salah satunya adalah penuntasan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik yang saat ini ditunggu-tunggu," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, Listyo dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon tunggal Kapolri. Jokowi lantas menyerahkan nama mantan ajudannya itu kepada DPR pekan lalu.

Dan pada uji kelayakan dan kepatutan sendiri, pria kelahiran Ambon itu tidak sendirian, melainkan didampingi para jenderal bintang Tiga yang tidak lain merupakan para seniornya. (Sofyan)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !