Jenazah PMI Asal Cianjur Selatan Tiba Di Rumah Duka

MenaraToday.Com - Cianjur : 

Harapan keluarga Dewi Sadiah Binti Karja Arsa seorang pekerja migran Indonesia (PMI), asal Kabupaten Cianjur, sirna sudah. Pasalnya pekerja migran itu pulang dalam keadaan tak bernyawa, dikabarkan meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya saat bekerja di Kota Riyadh negara penempatan Arab Saudi. 

Isak tangis keluarga pun tak tertahankan saat kedatangan jenazah Dewi tiba di rumah duka di Kampung Cimahi Kulon, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Sabtu (20/03/2021) lalu. 

Pernyataan tersebut, dikatakan Ketua DPW LSM FPMI Jawa Barat, Dhani Rahmad, Dewi meninggal dunia karena sakit yang dideritanya saat bekerja d Riyadh. 

"Berdasarkan informasi yang kita dapatkan, almarhumah mengalami sakit sesak napas dan memiliki riwayat lambung kronis," kata Dhani kepada wartawan, Senin (23/03/2021). 

Dhani Rahmad melanjutkan, almarhumah ini sudah bekerja di Arab Saudi sekitar bulan Agustus 2019. Jadi baru bekerja 17 bulan dan meninggal dua bulan lalu. Sementara Jenazahnya sampai di Bandara pada hari Sabtu sekira pukul 01:30 WIB, dan langsung diantarkan kerumah duka. 

"Meski sempat tertahan di sana, karena adanya salah paham dengan pihak Aktivis BMI di Arab Saudi. Beruntung pihak KBRI membantu kami dan Alhamdulilah proses pemulangan jenazahnya ke Tanah Air bisa berjalan lancar," ujarnya. 

Sementara itu, pihak keluarga berencana akan menguburkan almarhumah di tempat pemakaman umum yang tak jauh dari rumah duka. 

"Almarhumah Dewi sampai dirumah duka sekira pukul 10:00 WIB, dan langsung dikuburkan," kata pihak keluarga kepada Dhani. 

Memang sebelumnya, lanjut Dhani, almarhumah Dewi akan dimakamkan di Arab Saudi. Tetapi pihak keluarga, meminta bantuan agar jenazahnya dipulangkan dan dikebumikan di kampung halaman. 

"Ya, benar pihak keluarga memberikan kuasa untuk memproses kepulangan almarhumah. Melalui proses dua bulan, dan Alhamdulilah prosesnya berjalan lancar sehingga jenazah Dewi pun bisa sampai kerumah duka," ungkapnya. 

Kepulangan almarhumah Dewi ini, sambung Dhani, tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Sehingga bisa dipulangkan dengan cepat dan tidak ada hambatan. 

"Mewakili keluarga almarhum Dewi, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada, KBRI Arab Saudi, KJRI, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Tenaga Kerja, BP2MI dan pihak-pihak terkait yang telah membantu proses kepulangan jenazah Dewi hingga kerumah duka,"ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Jayagiri, Sindangbarang, Cianjur,  Endang Solehudin, mengatakan, mewakili pihak keluarga almarhumah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPW LSM FPMI Jawa Barat serta tim, yang sudah membantu kepulangan jenazah Dewi. 

"Tentunya saya sangat mengapresiasi kerja keras tim yang sudah mengupayakan kepulangan warga saya, hingga sampai dirumah duka. Ke depan saya akan berkoordinasi terus dengan FPMI, bila ada warga saya yang mengalami permasalahan diluar negeri," ungkapnya. (Ace)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama