Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Para Petani di Teluk Pulau Hulu, Hilir dan Pematang Sikek Mengeluh, Saluran Irigasi Tidak Berfungai.

MenaraToday.Com - Rokan Hilir :

Para petani di Kepenghuluan Teluk Pulau Hulu, Teluk Pulau Hilir dan Pematang Singkek Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir, Riau mengeluhkan suluran irigasi yang dibangun pemerintah tidak berfungsi. 

Keluhan tersebut disampaikan para petani kepada awak media yang merasakan dampak dari tidak berfungsinya aliran irigasi tersebut yang berdampak pada penghasilan petani padi yang tidak normal sebab hanya mengharapkan air hujan untuk mengairi sawah.

Riyono salah seorang petani di Kepenghuluan Teluk Pulau Hulu saat berbincang dengan MenaraToday.Com, Sabtu (20/3/2021) menyebutkan bahwa selama ini petani hanya mengjarapkan air hujan untuk keperluan bercocok tanam.

" Kami hanya mengharapkan hujan untuk menanam padi di sawah, sementara hukan pun tidak menentu turunnya. Jika di musim taman curah hujan berlebihan maka padi akan busuk karena tenggelam genangan air" ujar Riyono.

Lebih lanjut Riyono menambahkan jika di musim kemarau para petani sangat membutuhkan air agar padi dapat tumbuh subur.

"Kalau musim kemarau jelas pertumbuhan padi terganggu sehingga berdampak terhadap produksi padi dan pengghasilan para petani.

"Saya mewakili para petani mengharapkan agar Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hilir dapat melakukan peninjauan dan memperbaiki irigasi ini agar irigasi yang dibangun dengan Milyaran Rupiah dapat berfungsi sehingga persawahan Teluk Pulau Hulu dapat norma. Jika perairannya normal saya yakin produksi padi disini dapat ditingkatkan sehingga Kabupaten Rokan Hilir dapat menjadi Kabupaten Swasembada Pangan".

Riyono menyebutkan dengan ketidak normalan air berdampak pada produksi padi dimana per hektar nya hanya mencapai 7 hingga 7,5 ton.

Sementara itu Penyuluh Pertanian Swakarsa, Zaini saat dikofirmasi terkait irigasi menyebutkan dirinya selaku penyuluh yang ditugaskan Dinas Pertanian Rohil di Teluk Pulau Hulu , menyebutkan sudah berulang kali  mengajukan permasalahan irigasi ini kepada pihak Dinas Pertanian  dan Bupati Rohil  secara lisan , namun sampai hari ini belum ada tanggapan . 

"Saya selaku penyuluh pertanian lapangan mengharapkan kepada Bupati terpilih Afrizal Sintong  dapat memperhatikan  keluhan petani Teluk Pulau Hulu ini kiranya dapat ditanggapi dan diperhatikan. Kita butuh ketahanan pangan di Kabupaten Rokan Hilir dan peningkatan  perekonomian petani tanaman padi. Saya sangat perihatin  terhadap keluhan masyarakat tentang tidak berfungsinya saluran irigasi ini. Saya yakin Bupati terpilih Bapak Afrizal Sintong  orang yang dekat masyarakat , tentu mengerti akan keluCThan masyarakat , " sebutnya  dengan nada irama bahasa butuh tanggapan (Suwarno)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !